Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Herbal yang Dapat Membasmi Serangga di Rumah

Keberadaan serangga-serangga ini tentu sangat mengganggu, memberi kesan hunian tidak terawat, dan menjadi membuat Anda untuk segera mengambil semprotan pembasmi serangga. 

Namun, menggunakan semprotan pembasmi serangga dapat mengandung bahan kimia yang dapat beracun.

Maka itu, sebaiknya mencoba menggunakan pengusir serangga alami dengan tanaman herbal. Tanaman herbal ini memiliki efek yang sama ampuhnya dengan berbagai macam pengusir serangga yang dijual di pasaran.

Dilansir dari Real Living, Senin (16/10/2023), berikut sejumlah tanaman herbal yang dapat membasmi serangga di rumah.  

Namun, ternyata kemangi juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dan lalat dengan baunya yang kuat.

Untuk memanfaatkanya, tanam kemangi dalam pot, lalu letakkan di sekitar ruang keluarga, dapur, atau area luar ruangan lain yang menjadi tempat berkumpul. 

Serai

Serai memiliki aroma menyegarkan yang kerap digunakan sebagai penyedap masakan dan produk perawatan kulit. Rupanya, serai juga menjadi tanaman herbal yang dapat membasmi serangga di rumah, seperti nyamuk dan kecoak. 

Ikat serai menjadi ikatan rapat dan letakkan di sudut-sudut atau area yang mungkin menjadi tempat kecoak berkeliaran.

Ganti serai ketika sudah kering. Sama dengan kemangi, Anda juga dapat menanam serai di area luar ruangan tempat bersantai. 

Bahkan, jika membakar daun salam dalam wadah tahan api, ini bisa menghasilkan aroma  menenangkan seperti dupa untuk ruangan. 

Aroma mint yang kuat dan tajam dapat membasmi serangga. Letakkan pot-pot mint segar di sekitar pintu depan atau pintu dapur dan di taman. Aroma daun salam dapat mengusir serangga lain yang mungkin menyerang tanaman pot lainnya. 

Rosemary

Selanjutnya, tanaman herbal yang dapat membasmi serangga adalah rosemary. Tanaman herbal ini dapat menjadi pengusir nyamuk.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa merebus satu cangkir rosemary kering dalam satu liter air, lalu masukkan ke botol semprot, dan sempotkan larutan ke bagian rumah yang terdapat banyak nyamm.  

Sage

Terakhir, tanaman herbal yang dapat membasmi serangga adalah sage. Daun runcing dari tanaman aromatik ini sering digunakan untuk "mengotori" atau membersihkan ruangan, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengusir serangga.

Buatlah pengusir serangga alami dengan mengombinasikan batang sage dan cuka sari apel. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/16/212700276/5-tanaman-herbal-yang-dapat-membasmi-serangga-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke