Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tren Kitchen Set yang Bikin Dapur Tampak Ketinggalan Zaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Kitchen set atau lemari dapur adalah salah satu investasi terbesar di rumah dan merupakan perlengkapan permanen. Oleh karena itu, kitchen set harus dirancang untuk bertahan lama.

Menghindari tren kitchen set yang ketinggalan zaman adalah salah satu langkah menuju kesuksesan dalam desain dapur.

Jika tampilan, hasil akhir, atau warna tertentu sudah tidak lagi bagus saat ini, maka tentu saja dapur akan tampak ketinggalan zaman.

Memilih kitchen set klasik yang tidak akan pernah ketinggalan zaman dapat menghilangkan banyak tekanan saat merencanakan dapur dan ada banyak cara untuk membuat dapur klasik terlihat unik, menarik, dan penuh kepribadian, kata Tom Howley, direktur desain di Tom Howley, dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (10/10/2023).

Cara lainnya untuk menghindari tren kitchen set yang sudah ketinggalan zaman adalah dengan mengidentifikasi apa yang sedang digemari.

Berikut beberapa tren kitchen set yang membuat dapur tampak ketinggalan zaman.

1. Pintu lemari dapur tanpa pegangan

Semua pintu minimalis ramping dengan bukaan tekan-sentuh atau bertenaga listrik yang sempat trendi ternyata tidak praktis.

Selain terbuka ketika Anda bersandar pada pintu, pintu ini juga merespon ketika jari berminyak saat memasak, kata Lucy Sear-Barlow, pendiri Barlow & Barlow.

Jika Anda menyukai tampilan pintu kitchen set datar yang ramping, lebih baik menggunakan pegangan yang tersembunyi, sering kali tersembunyi dalam garis bayangan di bagian atas, yang memberikan pegangan yang layak untuk digenggam tanpa merusak gaya dapur minimalis.

2. Gagang pintu hitam matte

Selain pintu lemari tanpa pegangan, desainer juga menghilangkan gagang pintu berwarna hitam matte. Alasannya? Jenis gagang pintu ini tidak bertahan lama, dan Anda perlu segera menggantinya.

Faktanya adalah bahwa gagang pintu berwarna hitam matte memiliki masa pakai yang terbatas, dan kerugiannya tentu lebih besar daripada kelebihannya dalam hal hasil akhir ini.

Tren yang sudah ketinggalan zaman ini tidak hanya bisa menjadi sangat kuat, namun tidak peduli bagaimana perangkat keras tersebut dibuat, baik dioksidasi atau dilapisi bubuk, warna hitamnya akan memudar seiring berjalannya waktu jika tidak dirawat dengan baik.

Untuk tampilan yang penuh gaya dan kontemporer, pilihlah logam padat. Bahan kuningan, perunggu, dan stainless steel ramping dan bergaya, memberikan daya tarik klasik kitchen set yang tahan lama.

Daya tahan logam berarti gagang pintu akan bertahan lama.

3. Warna abu-abu

Baru beberapa tahun yang lalu warna abu-abu dengan antusias dianut sebagai warna netral baru, alternatif yang lebih canggih dari warna putih atau magnolia. Tidak ada yang menyangkal bahwa warna abu-abu adalah pilihan yang fleksibel dan abadi untuk lemari dapur.

Masalahnya adalah, kecuali Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan, kitchen set serba abu-abu akan terasa sangat dingin dan tidak menarik, terutama jika dapur menghadap ke Utara. Abu-abu seperti warna kapal perangkat adalah yang terburuk.

Jadi, setelah warna putih dan abu-abu sudah ketinggalan zaman, di mana Anda bisa mendapatkan warna netral? Direktur kreatif deVOL Helen Parker memandang Greige, yang merupakan perpaduan warna coklat/krem dan abu-abu, sebagai pilihan yang lebih penuh perasaan dan terasa lebih selaras dengan tren saat ini.

Warna abu-abu coklat minky yang lembut adalah warna yang sangat cantik untuk dipilih untuk lemari dapur.

Rasanya tidak terlalu keras dibandingkan abu-abu biasa dan cocok untuk interior kontemporer atau lebih kuno karena sangat mudah dipadukan dengan warna merah tua dan hijau yang kaya atau warna merah jambu dan coklat yang lebih kalem, jelas Parker.

4. Rak terbuka yang berlebihan

Rak terbuka mungkin merupakan salah satu tren lemari dapur terlama sepanjang masa. Namun, rak terbuka mudah menampung debu.

Yang patut dipilih adalah tren lemari meja, yang memanfaatkan celah yang sering terbuang antara meja dapur dan lemari dinding untuk menyediakan ruang penyimpanan maksimal.

Dengan lebih banyak penyimpanan 'tertutup' untuk barang-barang penting yang kurang menarik, rak dapat disediakan hanya untuk tujuan pajangan.

5. Warna trendi

Mengikuti tren warna terbaru adalah hal yang keren saat Anda membeli pakaian baru, namun di lemari dapur, jarang ada manfaatnya jika Anda menggunakan warna yang sedang tren.

Warna adalah aspek kunci dalam memilih lemari dapur baru. Ini tentang menemukan warna yang dapat Anda jalani setiap hari, namun tidak akan membuat Anda bosan di kemudian hari, terang Richard Moore, direktur desain Martin Moore.

Pikirkan baik-baik tentang skema warna seluruh rumah Anda, dan apakah warna yang diusulkan sesuai dengan gaya Anda, imbuh dia.

Jika Anda sangat ingin mengikuti tren warna cat saat ini, Moore merekomendasikan langkah kecil.

Cobalah memulai dengan menggunakan warna sebagai fitur dinding di dapur, atau bahkan di dalam lemari, untuk melihat apakah warna tersebut dapat Anda terapkan dalam jangka panjang pada lemari utama, saran dia.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/10/080000776/5-tren-kitchen-set-yang-bikin-dapur-tampak-ketinggalan-zaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke