Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Berkualitas

Rupanya, warna cat yang digunakan untuk kamar tidur menjadi hal utama dalam daftar tips desain untuk tidur lebih nyenyak. 

Warna-warna tertentu, seperti merah terang dan kuning yang kuat, dikaitkan dengan semangat serta kecerian. Hal ini menimbulkan kegelisahan di kamar tidur yang menjadi tempat perlindungan peribadi.  

Pippa Jamieson, penata interior dan penulis The Sensory Home: An Inspiring Guide to Mindful Decorating, mengatakan saat memilih warna cat kamar tidur, pilih warna yang menenangkan. Warna-warna lembut dan netral sangat populer karena paling kondusif untuk tidur. 

Nah, dilansir dari Ideal Home, Jumat (6/10/2023), berikut daftar warna cat kamar tidur yang menenangkan. 

Hubungannya dengan alam yang membuat warna ini begitu menenangkan di kamar tidur.  Penelitian menunjukkan berada di lingkungan hijau, entah itu luar ruangan atau kamar tidur bercat hijau, dapat menciptakan efek menenangkan serta rileks.

"Sebagai contoh, pilih warna hijau tua untuk merasa seperti beruang kecil di hutan atau warna biru tua untuk menciptakan kesan bahwa Anda sedang tidur di bawah langit malam," kata penulis interior Robyn Donaldson.

Jika bingung menentukan warna hijau yang tepat, gunakan roda warna untuk membantu.

Adrienne Chin, spesialis warna dan desainer interior, menjelaskan warna-warna yang bersanding secara harmonis pada roda warna, seperti hijau, biru-hijau, dan biru seperti tetangga yang bersahabat, tanpa elemen saling bertabrakan, sehingga menjadi pilihan baik untuk warna cat kamar tidur. 

Putih: murni dan tenang

Putih adalah warna yang sempurna jika Anda sering merasa kewalahan dan terlalu bersemangat. Putih juga menjadi warna cat kamar tidur yang menenangkan serta membantu mengatur perasaan cemas.

Jika Anda seorang minimalis dan tidak malu-malu, pilih warna putih. Namun, kata Robyn, jangan meletakkan warna putih cemerlang di dekat ruang tidur.

Carilah warna yang bernuansa hangat dengan sentuhan coklat atau kuning untuk menciptakan filter yang kabur.

Anda bisa menambahkan kenyamanan pada ide kamar tidur putih dengan memperkenalkan banyak tekstur, kain lembut, dan pencahayaan kamar tidur yang hangat sehingga ruangan lebih bercahaya serta tidak silau. 

Para psikolog warna mengatakan hal ini karena terakota menciptakan lingkungan yang membumi.

"Untuk mengambil inspirasi dari alam bebas dalam desain rumah, Anda harus tetap menggunakan palet warna tanah yang cukup sederhana. Sederhananya, warna tanah adalah warna yang dapat ditemukan di alam, seperti pasir, laut, rumput, dan tanah.

Menurut Suzanne Pearce, salah satu pendiri Casa Bella Furniture, warna-warna bumi ini  memberikan dampak positif bagi kesehatan karena warna-warna netral dan familiar dianggap memiliki efek menenangkan bagi jiwa, yang membantu suasana properti lebih positif dan menggembirakan untuk menghabiskan waktu.  

Biru: nuansa laut dan langit 

Pakar warna dan desainer interior, Adrienne Chinn mengatakan biru adalah warna paling menenangkan di dunia menurut penelitian University of Sussex, Inggris. 

"Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 25 ribu orang di 100 negara, biru tua paling sering diasosiasikan dengan perasaan tenang.

Biru diasosiasikan dengan langit dan air yang membuatnya dapat menciptakan perasaan tenang serta damai. Tak heran, biru kerap menjadi pilihan warna cat kamar tidur yang menenangkan.  

Chinn menjelaskan ada warna yang disebut Baker-Miller Pink, yang telah digunakan di penjara dan rumah sakit karena kualitasnya yang terbukti menenangkan secara ilmiah.

Jadi, jika ingin menciptakan perasaan tenang di kamar tidur, pertimbangkan warna pink. 

Pink diciptakan dengan menambahkan warna putih ke merah, yang secara efektif meredam warna yang paling berdampak dalam spektrum.

"Pink memiliki energi merah, tetapi tidak memiliki rasa takut sehingga memberikan energi lembut, tetapi tidak membuat kita kewalahan," imbuh pakar dekorasi dan Direktur Kreatif Dulux, Marianne Shillingford.

Dan itulah keajaibannya sebagai sebuah warna. Di kamar tidur, kita membutuhkan sedikit energi tanpa kehilangan rasa tenang dan itulah yang diberikan pink, yang membuatnya menjadi warna cat kamar tidur yang menenangkan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/06/194500176/5-warna-cat-kamar-tidur-yang-menenangkan-bikin-tidur-berkualitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke