Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanaman Hias Layu dan Sekarat? Ini Cara Mengatasinya Pakai Bahan Alami

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias merupakan salah satu elemen dekorasi alami yang populer. Tanaman hias dapat memberikan nuansa yang segar dan hidup pada ruangan di rumah.

Namun, tanaman hias juga dapat sekarat jika tidak dirawat dengan baik. Tanaman layu dan sekarat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyiraman yang berlebihan atau kurang, paparan sinar matahari yang tidak tepat, atau hama dan penyakit.

Jika Anda melihat tanda-tanda tanaman layu dan sekarat, ada cara pengobatan rumahan yang dapat dicoba untuk tanaman hias.

Mengutip dari Living Etc, Selasa (26/9/2023), berikut adalah lima cara mengobati tanaman hias yang sekarat di rumah dengan bahan alami.

Apa penyebab tanaman hias layu dan sekarat?

Whitney Bromberg Hawkings, pendiri FLOWERBX mengatakan, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tanaman hias menjadi layu dan sekarat berdasarkan kesalahan yang mungkin pernah Anda lakukan.

1. Penyiraman yang berlebihan

Penyiraman yang berlebihan adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik tanaman hias. Ketika menyirami tanaman terlalu sering, akarnya akan terendam air dan mulai membusuk.

2. Terlalu banyak sinar matahari

Tanaman yang tidak terbiasa terkena sinar matahari langsung terlalu banyak akan menjadi terbakar dan menyebabkan daunnya menjadi rusak hingga sekarat.

3. Tanaman kekurangan air

Tanaman yang kekurangan air dapat menyebabkan tanaman hias menjadi layu, menguning, sekarat dan bahkan mati. Tanaman membutuhkan air yang cukup untuk fotosintesis dan pertumbuhan.

4. Tanaman kekurangan cahaya

Tanaman membutuhkan cahaya untuk fotosintesis yaitu proses menghasilkan makanan untuk tanaman.

Jika tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya, ia tidak akan dapat menghasilkan makanan yang cukup dan akan mulai layu, sekarat, dan mati.

Reese L Robins, Pakar Berkebun di Just Pure Gardening mengatakan, ada beberapa cara pengobatan dengan menggunakan bahan alami yang efektif untuk menghidupkan kembali dan menyuburkan tanaman hias yang sudah sekarat.

1. Kayu manis

Kayu manis merupakan bahan antijamur alami yang dapat melindungi tanaman dari infeksi dan penyakit jamur. Untuk melindunginya dari sekarat dan layu, cukup taburkan sedikit bubuk kayu manis pada permukaan tanah atau oleskan pada batang yang dipotong.

2. Kulit pisang

Tingkatkan pertumbuhan dan kesehatan tanaman hias dengan kulit pisang yang kaya akan potasium, fosfor, dan nutrisi penting lainnya.


Anda dapat menyuburkan tanaman dengan mengubur kulit pisang di dekat akar atau dengan menggunakan teh kulit pisang. Untuk membuat teh, rendam kulitnya dalam air selama beberapa hari lalu siramkan air tersebut pada tanaman Anda.

3. Cangkang telur

Cangkang telur menyediakan sumber kalsium yang penting untuk memperkuat dinding sel tanaman hias.

Hancurkan kulit telur dan campurkan ke dalam tanah. Selain itu, Anda juga bisa merebus cangkang telur, lalu gunakan larutan yang sudah didinginkan untuk menghidrasi tanaman Anda.

4. Ampas kopi

Ampas kopi memiliki keasaman yang dapat menurunkan pH tanah, sehingga menguntungkan tanaman hias. Ampas kopi juga mengandung nitrogen yang mendorong pertumbuhan daun dan warna hijau cerah.

Dalam menggunakan ampas kopi secara efektif, taburkan ampas kopi di permukaan tanah atau masukkan ke dalam campuran kompos bersama bahan organik lainnya.

5. Garam epsom

Garam epsom terdiri dari magnesium dan belerang yang memiliki peran penting dalam fotosintesis dan pertumbuhan tanaman hias.

Larutkan garam epsom ke dalam air dan semprotkan pada daun tanaman hias atau dapat ditambahkan ke tanah di sekitar pangkal tanaman Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/26/183433276/tanaman-hias-layu-dan-sekarat-ini-cara-mengatasinya-pakai-bahan-alami

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke