Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membangun Rumah Impian

Mengingat, rumah akan menjadi tempat pulang ketika bepergian dan menghabiskan banyak waktu bersama, apalagi tujuan membangun untuk jangka panjang. 

Selain itu, penting memilih material yang digunakan serta tenaga kerja yang dipekerjakan. Pastikan semuanya ini sesuai dengan anggaran dan jadwal yang telah ditetapkan. 

Pada prinsipnya, sebuah rumah harus selalu mengedepankan aspek keamanan, kenyamanan, dan keindahan. Ketiga faktor ini tak bisa diabaikan sekaligus menjadi indikator dari sebuah rumah yang berkualitas.

Karena itu, memilih mitra konstruksi yang tepat juga turut menentukan hasil akhir pembangunan.

Georgi Ferdwindra Putra, co-founder dan CEO Gravell—perusahaan teknologi yang bergerak di bidang jasa konstruksi— mengatakan dengan perencanaan matang dan kerja sama tenaga konstruksi yang tepat, dapat menciptakan hunian yang sesuai harapan serta tiga aspek tersebut. 

Demi proses pembangunan berjalan lancar, Gravel membagikan tiga hal yang harus dipersiapkan sebelum membangun rumah, Sabtu (16/9/2023).  

Dalam proses ini, penting mempertimbangkan analisis zonasi yang mencakup evaluasi terhadap cuaca, arah sinar matahari, arah angin, dan faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh pada kenyamanan di rumah.

Sebagai contoh, dengan memiliki pemetaan denah yang matang, Anda dapat dengan jelas menentukan letak pintu, jendela, dan elemen-elemen penting lainnya.

Peletakan jendela sebaiknya memperhatikan arah angin,sehingga ruangan menjadi lebih nyaman dan terasa lebih sejuk sesuai dengan kondisi cuaca yang ada. 

Material bangunan

Selanjutnya, hal yang harus dipersiapkan sebelum membangun rumah adalah material atau bahan bangunan yang digunakan.

"Gunakan material berkualitas karena biasanya semakin baik kualitas, semakin kuat daya tahannya," ucap Georgi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com. 

Bahan bangunan memiliki kisaran harga yang luas dan kualitas beragam. Pilih bahan bangunan yang sebanding antara kualitas dan harga.

Selain itu, hindari menggunakan bahan bangunan yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan, seperti cat rumah berbasis timbal dan atap rumah berbahan asbes.  

Sebagian besar masalah serius dalam proyek pembangunan hunian sering kali disebabkan eksekusi yang tidak tepat. Hal ini karena kurangnya profesionalisme dari tukang bangunan yang terlibat.

Jadi, penting memilih tukang bangunan yang profesional, berpengalaman, bahkan lebih baik lagi jika memiliki sertifikasi konstruksi.

Memang tidak semua orang memiliki pemahaman cukup tentang dunia konstruksi. Padahal, proses konstruksi seperti pembangunan hunian memerlukan dana besar. 

Menjawb hal tersebut, Gravel menghadirkan  layanan Gravel Borongan, yang dirancang untuk membantu mewujudkan hunian impian tanpa perlu menghadapi kerumitan.

Dengan layanan Gravel Borongan, proses perencanaan dan pembangunan hunian menjadi lebih sederhana dan mudah.

Untuk Anda yang membutuhkan jasa konstruksi yang aman dan tepercaya, layanan Gravel Borongan dapat diakses lewat aplikasi Gravel agar dapat mewujudkan rumah impian dengan tenang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/16/103000276/3-hal-yang-harus-dipersiapkan-sebelum-membangun-rumah-impian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke