Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Merawat Lidah Buaya agar Daunnya Gemuk

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah buaya sudah sejak lama dijadikan tanaman hias di rumah, baik di halaman rumah maupun dijadikan tanaman dalam ruangan. Lidah buaya adalah tanaman yang mudah dirawat dan gelnya memiliki banyak manfaat.

Namun demikian, masalah yang kerap terjadi adalah daun lidah buaya tipis dan kurus. Ada beberapa penyebab daun lidah buaya tipis dan kurus, antara lain masalah penyiraman, sinar matahari, hingga pola pemberian pupuk.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (10/8/2023), berikut beberapa tips merawat lidah buaya agar daunnya gemuk.

Bertentangan dengan kepercayaan populer ini, yang benar adalah sebaliknya, dan penyiraman yang berlebihan dapat membuat tanaman lidah buaya busuk dan akhirnya mati.

Semakin sedikit Anda menyiram tanaman lidah buaya, semakin banyak tanaman ini mengarahkan daunnya untuk menyimpan air, dan mereka akan menjadi berdaging dan penuh.

Selain itu, jika Anda menyiram tanaman secara teratur, daun lidah buaya akan kurus dan kecil.
Yang terbaik adalah menyiraminya secara menyeluruh setiap kali media tanam kering.

2. Berikan lebih banyak sinar matahari

Lidah buaya adalah tanaman sukulen, sehingga tumbuh paling baik di bawah sinar matahari yang cukup.

Jika Anda menanam atau meletakkan tanaman lidah buaya di tempat teduh atau lokasi di mana ia mendapat cahaya tidak langsung selama satu jam atau lebih, maka lidah buaya akan memiliki daun yang kurus.

Pastikan tanaman mendapat sinar matahari langsung minimal tiga sampai empat jam setiap hari.

3. Hindari penggunaan pot kecil

Menanam lidah buaya di pot kecil akan membuat daunnya kecil dan kurus. Ini juga akan mendorong tanaman untuk menumbuhkan lebih banyak anak daun daripada mengalihkan energinya ke daun gemuk yang tumbuh.

Pastikan menggunakan pot yang satu ukuran lebih besar dari tanaman.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus selalu menggunakan media tanam yang menyerap air dengan baik saat menanam lidah buaya dan sukulen lainnya untuk tanaman yang sehat.

5. Pantau hama dan penyakit

Lidah buaya terkadang dapat terserang hama Aloe Mite, yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga daun menjadi kurus dan pucat. Anda bisa memberantas hama menggunakan sabun insektisida.


Awasi juga busuk akar, batang, dan daunnya. Cara terbaik untuk menghindari semua masalah ini adalah dengan tidak menyiram tanaman secara berlebihan.

6. Lakukan repotting tanaman saat anakan mulai tumbuh

Hindari repotting tanaman lidah buaya tanpa waktu yang jelas sepanjang tahun. Waktu terbaik untuk repotting adalah saat Anda melihat ada anakan yang tumbuh.

Pada saat itu, Anda dapat memindahkan anakan ke lokasi baru. Ini akan membuat tanaman induk menjadi penuh dan gemuk lagi.

7. Suhu yang tepat

Tanaman lidah buaya tumbuh dengan baik pada suhu antara 13 hingga 32 derajat celcius. Hindari memaparkan tanaman ke suhu dingin.

8. Hindari memberi pupuk secara berlebihan

Anda tidak perlu memberi pupuk tanaman lidah buaya secara berlebihan. Beri pupuk dua sampai empat kali saja dalam setahun, sehingga tanaman akan tumbuh dengan baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/10/160614576/8-tips-merawat-lidah-buaya-agar-daunnya-gemuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke