Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membeli Vs Menyewa Rumah, Ini 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Namun, kekurangan menyewa rumah adalah Anda tidak bisa mengubah atau banyak mendekorasi ruangan sesuai keinginan. 

Sementara itu, memiliki atau membeli rumah juga memiliki banyak keuntungan, seperti kemampuan membangun ekuitas, tidak perlu membayar sewa, serta leluasa mendesain atau mendekorasi rumah. 

Baik memutuskan membeli maupun menyewa rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Jadi, bagaimana memutuskan mana pilihan tepat untuk situasi Anda?

Sejumlah pakar membagikan sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli dan menyewa rumah dikutip dari Martha Stewart, Selasa (1/8/2023).  

"Untuk klien saya, saya menyarankan mereka tetap sederhana membandingkan PITI (pokok, bunga, pajak, dan asuransi) dibandin dbiaya sewa yang mereka bayarkan," katanya.

Selain itu, klien juga harus mempertimbangkan memiliki dana cadangan untuk membayar perbaikan properti. 

Jika biaya pembayaran cicilan bulanan hampir sama dengan biaya yang harus dibayarkan untuk menyewa, Bull memberi tahu mereka bahwa ada argumen kuat untuk membeli sebagai pengganti sewa.  

Bull selalu memperingatkan setiap calon pemilik rumah harus merasa siap untuk memulai perjalanan baru ini. 

Menyewa bisa menjadi pilihan cerdas bagi sebagian orang 

Bull mengatakan menyewa rumah biasanya lebih masuk akal jika Anda hanya berniat menempati rumah untuk waktu singkat dan merasa stres dengan pembelian serta penjualan real estate.

Jika berencana pindah rumah dalam waktu kurang dari dua tahun, menyewa rumah mungkin pilihan tepat untuk dompet dan kewarasan Anda.

Namun, di banyak pasar, nilai properti telah meningkat dengan cepat sehingga saran ini mungkin tidak berlaku. 

"Sebagai contoh, banyak klien saya yang sudah mendapatkan keuntungan meski baru memiliki rumah selama satu atau dua tahun," ucap Bull.

Tentu saja, saat ini bukan hal biasa, jadi pembeli yang berhati-hati harus mengingat nasihat tradisional bahwa jikaberencana pindah rumah dalam waktu dekat, menyewa adalah pilihan terbaik.  

"Jenis properti yang Anda beli dan anggaran keseluruhan harus sesuai dengan gambaran besar," ujarnya.

Misalnya, membeli rumah impian mungkin menjadi prioritas utama, tapi berapa biayanya? Ada banyak tanggung jawab keuangan yang bersaing, seperti melunasi utang pinjaman pendidikan, menabung untuk pernikahan, biaya kuliah anak, atau pensiun.

Sebaiknya, memeriksa semua tujuan dan keuangan Anda secara bersamaan dan biarkan informasi tersebut menentukan apakah lebih baik melakukan pembelian rumah dan seperti apa gambaran besar anggaran.  

Pertimbangkan pro dan kontranya 

Terakhir, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli dan menyewa rumah adalah mempertimbangkan pro dan kontranya.

Menurut Michael Sadis, agen real estate berlisensi dan pendiri IN*HOUSE Real Estate Group, ada sisi positif dan negatif dari menyewa dan membeli rumah. Iitulah yang membuatnya menjadi pilihan pribadi yang unik.

"Saat ini, (harga) masih rendah secara historis sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan saat ini," ucapnya. 

Namun, sisi negatifnya adalah inventaris yang rendah sehingga Anda bisa membayar lebih mahal untuk sebuah rumah jika membeli sekarang. 

Tentu saja, saat menyewa rumah, ada banyak biaya di muka juga. "Bulan pertama, bulan terakhir, biaya keamanan, dan terkadang komisi makelar. Jumlahnya bisa setara dengan uang muka rumah jika dijumlahkan.

Memutuskan apakah akan menyewa atau membeli rumah adalah keputusan besar dan mungkin tidak mudah, tergantung pada situasi Anda.

Cobalah berbicara dengan profesional real estate, seperti pemberi pinjaman hipotek, makelar, atau konselor perumahan, untuk membantu memutuskan opsi mana yang tepat untuk Anda. 

Nah, itu dia sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli dan menyewa rumah.  

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/01/175023676/membeli-vs-menyewa-rumah-ini-4-hal-yang-perlu-dipertimbangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke