Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Harum

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan ruangan di rumah yang rentan kotor serta berbau tak sedap. Aroma tak sedap tentu membuat siapa pun merasa tidak nyaman saat menggunakannya.

Bau tak sedap di kamar mandi dapat bersumber dari sejumlah hal, seperti toilet, saluran pembuangan, serta kurangnya ventilasi. 

Untuk mengatasi bau dan membuat aroma kamar mandi lebih segar, ada berbagai cara yang bisa dicoba. 

Dikutip dari Organise My House, Minggu (23/7/2023), berikut sejumlah cara membuat kamar mandi tetap harum.

  • Gulungan tisu toilet

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke bagian gulungan tisu toilet untuk membantu menutupi bau tak sedap dan menghadirkan aroma harum.

  • Diffuser

Tambahkan minyak esensial ke dalam diffuser untuk menjaga aroma kamar mandi tetap segar serta memberikan aroma menyenangkan secara konsisten.

  • Tempat sampah

Jika tidak dibersihkan secara teratur, tempat sampah di kamar mandi bisa menjadi sumber bau tak sedap.

Untuk mengatasi bau, tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam bola kapas dan letakkan di bagian bawah tempat sampah. Cara ini juga membantu menyegarkan udara dengan cepat.

Ganti handuk dan keset berdasarkan frekuensi penggunaan setidaknya setiap minggu dan periksa setiap hari.

Perhatikan ventilasi

Jamur menyukai lingkungan lembap dan hangat. Cegah jamur di kamar mandi dengan memastikan ventilasi dalam keadaan baik.

Jika kamar mandi memiliki jendela, biarkan terbuka sesering mungkin untuk membuat udara segar bersirkulasi dan mengurangi bau. 

Jika kamar mandi dilengkapi exhaust fan, nyalakan setiap kali mandi guna membantu menghilangkan udara lembap dan mengurangi risiko tumbuhnya jamur.

  • Baking soda 

Baking soda adalah penyerap bagus yang dapat membantu mengatasi bau apak di kamar mandi. Letakkan sekotak baking soda atau tuang ke dalam stoples dan ganti setiap tiga sampai empat bulan sekali.

  • Arang bambu

Pilihan penyerap bau lainnya yang bisa dicoba adalah arang bambu. Tempatkan arang bambu di sumber bau tak sedap, ganti setiap enam sampai delapan bulan untuk memastikannya tetap berfungsi  baik.

Bersihkan saluran air secara teratur

Untuk mencegah bau tak sedap, bersihkan saluran air secara teratur setidaknya sebulan sekali. Lakukan lebih sering jika ada lebih banyak orang menggunakan kamar mandi secara teratur.

Anda dapat menggunakan produk di toko atau menggunakan metode lebih alami dengan menuangkan air panas ke dalamnya setiap minggu atau lebih.

Hal ini akan membantu mencegah saluran tersumbat, menjaganya tetap bersih, serta bebas dari penumpukan rambut dan endapan sabun.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/23/115053076/5-cara-membuat-kamar-mandi-tetap-harum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke