Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanaman Herbal yang Bisa Mengusir Semut, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah salah satu hama pengganggu yang kerap hadir di rumah. Untuk mengusir semut, Anda bisa menggunakan solusi alami, yakni tanaman herbal.

Dilansir Homes & Gardens, Sabtu (24/6/2023), beberapa tanaman herbal memiliki aroma yang bisa mengusir semut. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan menanam tanaman herbal yang bisa mengusir semut ini.

Semut umumnya membangun sarang di luar rumah, tetapi makanan dan kelembapan dapat menarik semut ke dalam rumah, sehingga penanganan serangga ini sejak dini sangatlah penting. Semut cenderung menjadi gangguan saat cuaca panas yang tinggi.

Berikut beberapa tanaman herbal yang bisa mengusir semut.

1. Thyme

Tanaman herbal ini biasa digunakan dalam masakan, tetapi juga dapat mengendalikan semut dan hama lainnya di halaman rumah. Thyme dapat mengusir hama seperti semut, ngengat kol, dan lalat putih.

Nektar yang dihasilkan oleh tanaman ini menarik lebah dan penyerbuk lainnya.

2. Lavender

Lavender mungkin berbau harum bagi manusia, tetapi tidak bagi semut, lalat, ngengat, kutu, dan nyamuk. Lavender di pot di dekat pintu masuk rumah dapat menjauhkan semut.

Lavender dalam air matang dianggap dapat mengusir semut, dan minyak lavender dapat membantu menjaga kulit bebas dari gigitan semut dan nyamuk.

3. Rue

Rue dipercaya dapat membasmi kutu dan menjauhkan kumbang dan semut dari bunga mawar saat tumbuh, direndam atau dikeringkan.

Namun, jangan tergoda untuk mengoleskannya sebagai penolak serangga, karena dapat menyebabkan luka bakar pada kulit beberapa orang.

4. Rosemary

Ada banyak manfaat rosemary, termasuk karena kemampuannya mengusir semut. Meskipun rosemary mungkin tidak terlalu menyengat bagi hidung manusia, sebenarnya rosemary mengeluarkan bau menyengat yang dibenci semut.

5. Mint

Salah satu tanaman herbal paling populer untuk ditanam di rumah, dan juga tidak mudah rusak, mempelajari cara menanam mint sangat bermanfaat. Sementara daun mint segar dapat digunakan untuk mencegah semut, daun ini juga berfungsi untuk mengusir laba-laba.

Mint juga merupakan tanaman herbal yang mudah tumbuh di dalam ruangan. Mint adalah pilihan ideal untuk pemula.

Mint dapat dengan mudah ditanam di pot kecil di ambang jendela, di pot di teras, atau tanah di halaman rumah.

6. Kemangi

Mempelajari cara menanam kemangi tentu sangat bermanfaat karena tanaman herbal populer ini sangat serbaguna, menambahkan rasa uniknya ke banyak hidangan, dan karena kemampuannya mengusir semut.


Kemangi mengandung minyak aromatik yang dibenci semut. Anda bahkan dapat membuat semprotan serangga buatan sendiri yang juga efektif melawan kutu daun, tungau, dan thrips.

Tujuannya bukan untuk membunuh semua serangga di taman Anda, melainkan bertujuan untuk ekosistem yang sehat, kata ahli taman Leigh Clapp.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/24/092400576/6-tanaman-herbal-yang-bisa-mengusir-semut-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke