Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menghentikan Kucing Memanjat di Rumah

Secara naluriah, kucing menyukai tempat tinggi karena dapat melihat pemandangan dari atas.   

Tempat-tempat tinggi memberi kucing sudut pandang yang bagus. Kucing dapat melihat predator atau mangsa yang mendekat. 

Kucing luar ruangan atau kucing liar sering memanjat pohon atau atap rumha untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di bawah.

Sementara itu, kucing di dalam ruangan atau kucing peliharaan biasanya tidak bisa mencapai tempat cukup tinggi, tetapi masih bisa mencapai bagian atas kulkas, lemari, rak buku yang miring, bahkan mencoba memanjat gorden. 

Namun, kucing memanjat juga bisa karena beberapa alasan , seperti mencari perhatian, stres, atau bosan. 

Lantas, bagaimana kucing memanjat atau bisa sampai ke tempat-tempat tinggi?

Kucing dilengkapi cakar tajam yang mampu mencengkeram permukaan vertikal sekalipun, ditambah kucing memiliki keseimbangan luar biasa karena struktur tulang yang ringan dan ekor panjang.

Tentu saja, perilaku kucing memanjat tak hanya mengganggu pemilik, tetapi juga dapat berisiko buruk atau bahaya pada kucing karena dapat membuatnya terjatuh.  

Karena itu, perilaku kucing memanjat ini perlu dihentikan. Dilansir dari Love to Know Pets, Kamis (22/6/2023), berikut sejumlah cara menghentikan kucing memanjat di rumah.

Karena memanjat dan menggaruk adalah perilaku alami bagi kucing, penting memberinya tempat aman untuk melakukan keduanya.

Apabila kucing memiliki "pohon" sendiri untuk dipanjat, ini dapat mendorongnya tidak  memanjat furnitur.

Sebagian besar ahli setuju seekor kucing pun membutuhkan setidaknya beberapa pohon kucing atau permukaan untuk memanjat di sekitar rumah.

Ini bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak uang. Pertimbangkan membuat struktur sendiri untuk dipanjat kucing atau memasang rak atau tempat bertengger yang aman untuk dilompati. 

Jaga kuku kucing tetap pendek 

Selanjutnya, cara menghentikan kucing memanjat di rumah adalah menjaga kukunya tetap pendek. Kuku yang pendek tidak akan sepenuhnya mencegah kucing memanjat, tetapi akan mengurangi jumlah kerusakan yang akan dilakukannya jika kukunya tumpul.

Kuku-kuku tersebut tidak akan merobek gorden atau menusuk kaki Anda saat anak kucing mencoba memanjat celana.

Hindari memotong kuku kucin luar ruangan. Kucing luar ruangan membutuhkan kuku yang tajam untuk perlindungan atau perlu memanjat pohon untuk melarikan diri dari bahaya. 

Tambahkan latihan dan pengayaan

Banyak kucing yang memanjat segala sesuatu karena merasa bosan dan ingin bersenang-senang. Tawarkan waktu bermain yang terkendali kepada kucing agar tetap terlibat secara mental dan fisik.

Coba gunakan penunjuk laser, mainan tongkat, alas snuffle, atau "TV kucing". Kucing akan merasa sangat puas dan lelah sehingga tidak akan repot-repot memanjat yang tidak diinginkan.

Selain itu, memberikan perhatian penuh kepada kucing akan mencegahnya memanjat untuk mencari perhatian.

Kucing tidak menyukai benda-benda, seperti selotip atau aluminium foil, di bawah kakinya. Jadi, Anda dapat menggunakan bahan-bahan ini sebagai pencegah.

Coba letakkan selotip di dinding tempat kucing suka memanjat atau kertas timah di alasnya. Trik ini juga bekerja baik mencegah kucing menghentikan kucing memanjat.  

Gunakan penghilang aroma

Aroma yang tidak menyenangkan juga dapat menjadi cara mencegah kucing memanjat di rumah atau masuk ke tempat yang tidak seharusnya.

Jeruk adalah aroma yang sangat tidak disukai kucing. Semprotkan area atau benda yang tidak ingin dipanjat kucing Anda dengan air yang dicampur dengan sedikit minyak jeruk atau perasan lemon.

Jika tidak menyukai jeruk, gunakan herbL kering, seperti lavender atau rosemary, yang juga tidak disukai kucing. 

Alihkan perhatian kucing

Terakhir, cara menghentikan kucing memanjat di rumah adalah mengalihkan perhatiannya. Hewan peliharaan tidak merespons dengan baik terhadap penguatan negatif, seperti omelan.

Jadi, alihkan perhatian kucing alih-alih menegur atau mengomelinya setiap kali berusaha memanjat. Bawa kucing ke pohon kucing sendiri dan puji mereka saat memanjatnya.

Jika kucing termotivasi makanan, memberikannya camilan dapat membantu memperkuat pengalaman tersebut. Dengan latihan konsisten, kucing akan belajar mana yang boleh dipanjat dan tidak.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/22/201900676/6-cara-menghentikan-kucing-memanjat-di-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke