Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menyimpan Produk Pembersih dengan Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk pembersih rumah tangga dapat membantu menjaga meja dan lantai tetap bersih. Namun, tempat dan cara menyimpan produk pembersih merupakan hal penting, terutama jika Anda memiliki anak yang masih kecil atau hewan peliharaan.

Selain itu, mengetahui lokasi peralatan sera produk pembersih dengan pasti dan membuatnya mudah diakses dapat memotivasi Anda untuk lebih sering membersihkan rumah. 

Dilansir Better Homes and Gardens, Sabtu (13/5/2023) berikut ini tips untuk menyimpan dan mengatur produk pembersih dengan aman.

Di mana seharusnya menyimpan produk pembersih?

Penting untuk selalu membaca label pada botol produk untuk mengetahui peringatan atau instruksi khusus.

Secara umum, produk pembersih harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering dengan ventilasi yang baik.

Anda sebaiknya menjauhkan botol dari sesuatu yang panas atau berpotensi mudah terbakar. Botol-botol tersebut tidak boleh disimpan di tempat yang mudah dijangkau oleh hewan peliharaan atau anak-anak.

Jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, simpanlah perlengkapan pembersih jauh dari lantai atau di balik pintu tertutup.

Tambahkan child safety locks pada lemari yang mudah dijangkau. Hindari meletakkan produk di rak yang tinggi untuk mencegahnya jatuh.

Dengan cara ini Anda dapat menyusun pembersih berdasarkan kategori dan dengan cepat melihat barang yang Anda butuhkan.

Jika Anda memilih wadah yang tidak tembus padang, tambahkan label untuk memudahkan Anda memudahkan saat mencari barang tertentu.

2. Gunakan bagian belakang pintu

Jika Anda tidak memiliki banyak barang, alat organizer sederhana di belakang pintu bisa menjadi pilihan yang cocok. Sortir produk berdasarkan jenisnya.

Anda dapat menampung kain lap dan kemoceng kecil pada pegboard dengan pengait. Untuk pilihan yang lebih ramah anggaran, cobalah penyimpanan sepatu untuk memuat botol dan perkakas kecil.

3. Gantungkan sapu dan alat pel

Jika Anda memiliki ruang di pintu atau dinding, pertimbangkan untuk menggunakan pegangan sapu berperekat untuk menggantung sapu, pel, hingga pengki bergagang panjang.

Untuk alternatif yang lebih mudah, jika gagangnya memiliki lubang, Anda dapat menggunakan kait berbentuk huruf s untuk mengaitkan alat tersebut ke unit rak kawat.

4. Gunakan caddy penyimpanan

Produk yang Anda gunakan setiap hari atau setiap minggu harus mudah diambil dan dibawa. Gunakan caddy penyimpanan untuk menaruh peralatan pembersih tersebut.

Anda dapat menyimpannya bersama produk-produk lain atau di tempat lain seperti di bawah wastafel dapur. Hindari menyimpan apa pun yang mudah terbakar di tempat ini, dan gunakan kunci pengaman.


5. Gunakan Lazy Susan

Sebagai penganti wadah atau caddy, cobalah menggunakan Lazy Susan untuk menyimpan produk pembersih.

Banyak botol berbentuk bulat sehingga akan memaksimalkan ruang pada Lazy Susan. Anda bisa mengambil apa yang Anda butuhkan hanya dengan sedikit putaran.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/13/155600076/cara-menyimpan-produk-pembersih-dengan-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke