Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih Lebih Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling rentan kotor dan paling sering digunakan. Karena itu, kamar mandi perlu dibersihkan secara rutin.

Untuk membuat kamar mandi Anda bersih lebih lama, Anda dapat menerapkan sejumlah kebiasaan sederhana. Hal ini dapat mengurangi intensitas Anda dalam membersihkan kamar mandi.

Dilansir Luce Home, Kamis (4/5/2023), berikut ini tips menjaga kamar mandi bersih lebih lama.

1. Jaga tirai shower tetap kering

Menjaga tirai shower tetap bersih dan kering merupakan hal penting karena tirai kain dapat menjadi area kuman berkembang biak.

Serat-serat tirai shower menjadi tempat bagi bakteri dan jamur untuk menempel. Hal ini dapat menyebabkan bau apak dan membuat kotoran menyebar di sekitar kamar mandi.

Jaga tirai shower tetap kering untuk menjaga kamar mandi Anda tetap bersih dan bebas bau. Cuci dan ganti tirai setiap minggu. Pastikan pula handuk mandi Anda mengering di antara waktu penggunaan, karena handuk yang lembap akan menimbulkan bau apak.

2. Mengelap perlengkapan kamar mandi

Siapkan kain mikrofiber kering, kemudian seka wastafel, meja, keran dan perlengkapan lainnya dengan semprotan disinfektan secukupnya. Hal ini akan menjaga kamar mandi Anda tetap bersih.

3. Bersihkan pintu kaca kamar mandi

Sediakan squeegee di kamar mandi agar Anda dapat membersihkan pintu kamar mandi dengan cepat. Dengan membersihkan tetesan air yang berlebih, Anda dapat mengurangi jumlah noda air sadah yang muncul pada kaca bening, buih sabun, dan noda lainnya.

4. Kibaskan keset kamar mandi secara teratur

Debu dan kotoran dapat mengendap di serat keset yang dapat menempel di kulit Anda yang lembap saat Anda menginjaknya.

Selain mengganti keset secara teratur, keset kamar mandi perlu dikibaskan. Mengibaskan keset kamar mandi Anda akan mengurangi debu di area tersebut.

5. Gunakan pembersih serbaguna 

Pilihlah pembersih serbaguna untuk meminimalkan jumlah barang yang Anda simpan di kamar mandi. Pembersih serbaguna dapat membersihkan kotoran dari sebagian permukaan.

Untuk noda seperti noda air sadah dan sisa sabun, Anda dapat menggunakan semprotan cuka yang dibuat sendiri dan soda kue untuk membersihkannya.

Namun Anda dapat menggunakan produk pembersih khusus jika kamar mandi Anda memiliki permukaan dengan bahan sensitif seperti batu alam. Hal ini untuk memastikan permukaan tersebut tidak rusak saat dibersihkan.

6. Bersihkan kepala shower secara teratur

Jamur dan lumut dapat menyumbat shower, dan air yang keluar dari kepala shower yang berjamur dapat kotor dan berbau apek.

Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kantong plastik, karet, cuka dan soda kue. Isi kantong plastik dengan cuka dan soda kue secukupnya untuk merendam bagian nozel shower.

Kemudian, ikat kantung menggunakan karet. Biarkan semalaman, lalu gosok nozel dengan sikat untuk menghilangkan kotoran sebelum membilasnya. Lakukan pembersihan ini setiap bulan.

7. Gunakan vacuum cleaner

Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan lantai kamar mandi. Menyedot debu lantai kamar mandi setiap hari merupakan tugas sederhana yang tidak membutuhkan waktu lama, namun akan membuat kamar mandi Anda bersih dan bebas debu lebih lama.


Vacuum cleaner juga dapat digunakan untuk membersihkan exhaust fan pada kamar mandi Anda sehingga kinerjanya tetap terjaga.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/04/141800676/7-tips-menjaga-kamar-mandi-tetap-bersih-lebih-lama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke