Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Tenang dan Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat, bersantai, dan memulihkan energi setelah menjalani hari yang melelahkan. Karena itu, penting untuk menciptakan suasana nyaman di kamar tidur.

Selain Anda merasa betah, kamar tidur yang nyaman juga akan menjaga kualitas tidur tetap optimal. Untuk membuat kamar tidur lebih nyaman, terdapat sejumlah cara yang bisa dicoba. 

Dilansir Beauty Harmony Life, Minggu (30/4/2023), berikut ini 9 tips untuk membuat kamar tidur lebih tenang dan nyaman.

1. Pilih warna-warna hangat

Skema warna kamar tidur berperan penting dalam menciptakan suasana yang nyaman. Pertimbangkan untuk memilih warna-warna yang hangat, lembut, dan menenangkan seperti warna bumi, warna netral, dan pastel yang lembut.

2. Lapisi dengan tekstil

Tekstil yang sesuai dapat secara instan mengubah kamar tidur Anda menjadi tempat yang lebih nyaman.

Lapisi tempat tidur Anda dengan selimut dan bantal yang lembut. Tambahkan berbagai tekstur seperti bulu imitasi hingga beludru.

Tekstil-tekstil tersebut dapat menambah kehangatan, kedalaman dan kenyamanan pada kamar tidur Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan karpet yang nyaman untuk memberikan permukaan yang lembut.

3. Tempat tidur berkualitas

Tempat tidur yang nyaman dan mengundang adalah inti dari kamar tidur yang nyaman. Berivestasilah pada tempat tidur berkualitas tinggi yang terasa lembut dan mewah.


Pilih kasur yang memberikan daya topang dan kenyamanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lengkapi tempat tidur dengan matress topper untuk kenyamanan tambahan.

4. Pencahayaan

Pencahayaan adalah elemen penting dalam menciptakan suasana nyaman di kamar tidur Anda. Hindari pencahayaan overhead yang terlalu terang, pilh pencahayaan yang lembut dan hangat.

Tempatkan lampu samping tempat tidur di setiap sisi untuk mendapatkan cahaya yang hangat. Anda juga dapat menambahkan lampu gantung.

Pertimbangkan untuk menggunakan sakelar peredup agar Anda dapat menyesuaikan pencahayaan.

5. Tambahkan sentuhan personal

Menambahkan sentuhan personal ke dalam dekorasi kamar tidur dapat membuatnya terasa lebih nyaman. Anda dapat memajang foto atau karya seni di meja nakas, atau gantung di dinding.

6. Rapikan tempat tidur

Untuk menciptakan suasana yang nyaman, jaga kamar tidur Anda tetap rapi dan teratur. Hindari memenuhi nakas dengan barang-barang yang tidak perlu, gunakan keranjang penyimpanan, rak, atau penyimpanan di bawah tempat tidur.

7. Tambahkan unsur alami

Tambahkan tanaman hias untuk memperindah, membersihkan udara dan menambahkan sentuhan alam pada ruangan.


Anda juga bisa memasukkan bahan alami seperti kayu atau rotan dalam dekorasi untuk memberikan kesan hangat di kamar tidur.

8. Buat sudut baca

Sudut baca di kamar tidur dapat menjadi tempat untuk bersantai. Pilih sudut yang nyaman di kamar tidur untuk meletakkan kursi baca yang nyaman.

Anda dapat menambahkan beberapa bantal empuk, selimut lembut, dan meja kecil untuk meletakkan buku atau secangkir teh.

9. Minimalkan penggunaan perabot

Hindari memenuhi kamar dengan terlalu banyak perabot atau dekorasi yang dapat membuat ruangan terasa sempit. Jaga agar dekorasi kamar tidur tetap sederhana, fungsional, dan bebas dari barang yang berantakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/30/212700376/9-tips-membuat-kamar-tidur-lebih-tenang-dan-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke