Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Daging Ikan Salmon Bisa Disimpan di Kulkas dan Freezer?

JAKARTA, KOMPAS.com - Salmon adalah ikan yang lezat dan sehat. Salmon pun merupakan pilihan populer di antara banyak pecinta makanan laut.

Untuk menjaga kualitas dan kesegarannya, lazim menyimpan daging ikan salmon di kulkas dan freezer. Akan tetapi, berapa daging salmon bisa disimpan di kulkas dan freezer?

Berikut penjelasan mengenai berapa lama Anda bisa menyimpan daging salmon di kulkas dan freezer.

Untuk kualitas dan rasa terbaik, masak daging salmon pada hari yang sama saat Anda membelinya.

Saat Anda memasak salmon, makanlah atau dinginkan dalam waktu 90 menit setelah dikeluarkan dari panci.

Jangan biarkan salmon matang lebih dari satu hingga dua jam pada suhu kamar, atau bakteri yang menyebabkan keracunan makanan dapat berkembang biak hingga tingkat berbahaya di dalamnya.

Salmon yang dimasak tetap baik selama tiga hingga empat hari bila disimpan di kulkas. Untuk rasa yang optimal, konsumsi salmon sesegera mungkin setelah mendinginkannya.

Semakin lama daging salmon disimpan di kulkas, semakin kehilangan kesegaran dan daya tariknya.

Berapa lama daging salmon bisa disimpan di freezer?

Mengutip Eat Pallet, daging salmon beku akan bertahan hingga enam bulan di dalam freezer selama disimpan dengan benar.

Untuk memastikan salmon tetap dalam kualitas terbaik, bungkus dengan rapat dalam beberapa lapis bungkus plastik, masukkan ke dalam wadah kedap udara, dan simpan di bagian paling dingin dari freezer.

Metode penyimpanan ini akan membantu menjaga ikan dari menyerap rasa atau bau dari makanan lain di dalam freezer dan juga akan membantu menjaganya tetap segar hingga enam bulan.

Jika Anda tidak yakin berapa lama salmon beku telah disimpan, sebaiknya gunakan dalam satu atau dua bulan dari tanggal yang ditentukan.

Saat menyiapkan salmon, cairkan di kulkas atau air dingin, dan gunakan dalam dua hari. Jika masih ada sisa, bungkus rapat dan simpan di kulkas, dan dapat bertahan hingga tiga hari.

Anda dapat membekukan salmon dalam kemasan aslinya ketika Anda membelinya. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan ikan tetap segar dan tidak rusak.


Akan membantu jika Anda membungkus kemasan dalam beberapa lapis bungkus plastik dan kemudian meletakkannya di wadah atau tas yang aman untuk freezer. Ini akan membantu menjaga kualitas daging salmon di freezer dan juga akan membantunya bertahan lebih lama.

Selain itu, penting untuk memastikan kemasannya tidak terlalu penuh sebelum Anda membekukannya agar daging salmon memiliki ruang untuk mengembang.

Salmon yang divakum dapat bertahan hingga dua tahun di dalam freezer. Ini karena segel vakum membantu mencegah oksidasi dan dehidrasi, dua penyebab utama pembusukan makanan.

Selain itu, suhu beku memperlambat pertumbuhan bakteri, sehingga memperpanjang umur simpan daging salmon.

Untuk membantu memastikan bahwa salmon yang disegel vakum tetap segar selama mungkin, simpanlah di dalam freezer yang suhunya diatur secara konsisten pada minus 18 derajat celcius.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/26/072200376/berapa-lama-daging-ikan-salmon-bisa-disimpan-di-kulkas-dan-freezer-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke