Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Kipas Angin Plafon

Kipas angin palfon dapat mengalirkan udara sejuk saat cuaca panas sehingga menyejukkan ruangan tanpa memakan banyak energi seperti AC. Dengan demikian, Anda dapat menyejukkan ruangan sambil menghemat tagihan listrik. 

Di luar fungsinya, kipas angin plafon juga dapat memberikan kesan gaya yang dramatis pada ruangan. 

Namun, terlepas dari kesederhanaannya, segala sesuatunya bisa menjadi rumit saat membeli kipas angin plafon untuk pertama kalinya atau ingin mengganti kipas angin plafon yang sudah lama. 

Apalagi, sama dengan peralatan lainnya, kipas angin plafon juga telah berubah dengan teknologi dan fitur baru.

Untuk membantu Anda, berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli kipas angin plafon dikutip dari Family Handyman, Selasa (4/4/2023).  

Namun, saat memulai proses mencari kipas angin plafon yang sesuai dengan rumah, berikut empat jenis kipas angin plafon. 

  • Kipas angin plafon standar

Jenis kipas angin ini memiliki batang vertikal, yang disebut downrod. Hal ini memberikan banyak ruang bagi udara untuk bergerak di antara plafon dan lantai.

Kipas angin plafon standar dapat dilengkapi dengan lampu atau hanya berupa kit bilah. Sebagian besar kipas angin plafon dapat dibalik, memungkinkan mereka berfungsi sebagai alat pendingin pada musim panas dan sirkulasi udara hangat selama musim dingin. 

  • Kipas angin flush-mount

Jenis kipa angin ini dibuat dengan sedikit atau tanpa penurunan dari palfon. Hal ini memberikan penghuni lebih banyak ruang bebas untuk kepala, tapi mengorbankan efisiensi.

Dengan lebih sedikit udara di antara plafon dan baling-baling, kipas angin plafon bekerja lebih keras untuk mencapai tingkat sirkulasi yang sama.

  • Kipas angin plafon multi-head 

Jenis kipas angin ini memiliki sejumlah kepala kipas yang lebih kecil di dalamnya. Sering kali kepala yang lebih kecil berputar secara independen, sementara seluruh perlengkapan berputar.

  • Kipas angin lembap atau kipas angin basah

Ini adalah kipas angin plafon yang dirancang untuk bekerja di luar ruangan. Kipas angin plafon ini bisa menjadi pilihan tepat untuk garasi yang belum selesai atau dek. 

Ukuran kipas menjadi hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli kipas angin plafon.  Ukuran kipas angin plafon melibatkan dua faktor utama, ketinggian (panjang downrod) dan ukuran bilah kipas.

Kebanyakan kipas angin plafon mendapatkan efisiensi maksimum ketika baling-balingnya berjarak 2,4 meter dari lantai dan setidaknya 30 sentimeter dari plafon. 

Namun, karena banyak rumah memiliki plafon setinggi 2,4 meter, sebagian besar kipas angin diletakkan sekitar 2,1 meter di atas lantai.

Jika itu terasa terlalu dekat dengan kepala, pertimbangkan model flush-mount. Untuk plafon yang lebih tinggi, Anda cukup mengganti downrod yang lebih panjang untuk mempertahankan ketinggian 2,4-2,6 meter yang menyeimbangkan efisiensi serta penampilan.

Ukuran bilah yang tepat ditentukan luas ruangan secara keseluruhan. Program Energy Star dari Departemen Energi menjabarkannya seperti ini:

Untuk ruangan rata-rata hingga 144 kaki persegi, pilihlah kipas berukuran satu meter. Ruangan yang lebih besar dengan luas 225 kaki persegi membutuhkan kipas angin berukuran 1,1 meter. 

Untuk ruangan seluas 400 kaki persegi, carilah kipas angin berukuran 1,3 meter. Apa pun yang lebih besar dari itu akan membutuhkan banyak kipas angin plafon.  

Gaya dan hasil akhir kipas angin plafon 

Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli kipas angin plafon adalah gaya dan hasil akhir. Kipas angin plafon tersedia dalam berbagai gaya dan sentuhan akhir, dari klasik, modern, hingga industrial.

Kipas angin plafon yang dirancang baik akan berfungsi apa pun estetikanya, jadi Anda harus dapat menemukan kecocokan yang sempurna untuk dekorasi rumah tanpa mengorbankan fungsi atau efisiensi.

Bilah kipas angin plafon 

Bilah kipas angin plafon dapat memberikan elemen desain yang menarik, tetapi juga sumber utama pergerakan udara.

Bilah kipas angin yang lebih besar dapat menghasilkan perpindahan udara yang signifikan sambil bergerak dengan kecepatan lebih rendah.

Hal ini dapat sangat membantu di ruang kerja atau dapur, dengan ada banyaknya kertas-kertas yang berserakan atau rempah-rempah dan tepung. 

Salah satu pertimbangan terbesar saat memasang kipas angin sebagai pengganti lampu standar adalah memastikan Anda menukar kotak sambungan yang ada dengan kotak kipas angin plafon.

Gerakan kipas angin plafon dapat melonggarkan atau merusak kotak listrik tradisional. Untungnya, pemasangan kotak kipas angin plafon retrofit adalah proyek DIY yang hebat.

Bahkan ruangan yang tidak memiliki perlengkapan langit-langit yang ada dapat menambahkan kipas angin plafon meski itu adalah pekerjaan yang lebih besar dengan pekerjaan listrik tambahan dan kemungkinan besar akan melibatkan drywall dan tambalan cat.

Kipas angin plafon memiliki kebutuhan perawatan yang relatif kecil. Untuk sebagian besar kipas angin, hal itu melibatkan pembersihan sesekali atau menyeimbangkan baling-baling kipas jika ada goyangan yang terlihat. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/04/111114176/5-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-saat-membeli-kipas-angin-plafon

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke