Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Ini 5 Material Terbaik Gorden untuk Rumah

Karena itu, apabila ingin menciptakan tampilan penuh gaya untuk ruangan, sangat penting memasang gorden yang bagus. 

Memilih gorden terbaik untuk ruangan memiliki banyak tantangan. Selain warna dan desain, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis kain. 

Gorden terbuat dari berbagai macam bahan, dari ringan atau tipis, sedang, hingga tebal atau berat. Material berpengaruh pada cara tirai berfungsi dan bertahan dalam jangka panjang.

Pilih material gorden yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda. Contohnya, gorden dekoratif yang terbuat dari jenis kain tipis tidak berguna menghalangi sinar matahari jika membutuhkan fungsi tersebut.

Terlepas dari gaya perawatan jendela yang Anda sukai, berikut material terbaik untuk gorden dilansir dari Rhythm of the Home, Kamis (23/3/2023).  

Sebagian besar bahan katun cukup tebal dan kokoh sehingga tidak perlu menggunakan lapisan gorden.

Tenunan katun yang lebih rapat direkomendasikan jika Anda tertarik dengan gorden yang dapat menghalangi sinar matahari di ruangan yang sangat terang.

Material gorden ini juga dapat memberikan privasi yang layak. Satu-satunya kelemahan utama dari katun adalah lebih rentan menyusut. 

Sutra

Dengan sentuhan kemewahan yang elegan dan nuansa khas, material gorden sutra dapat dianggap sebagai tambahan brilian untuk setiap jendela.

Kain sutra mahal dan tidak mudah dijaga kebersihannya, tapi punya daya tarik bagus. Gorden sutra cocok untuk area yang tidak terkena sinar matahari secara berlebihan karena bahan ini agak rentan memudar.

Kekurangan material gorden sutra tidak memberikan privasi memadai, kecuali jika Anda menggunakan lapisan gorden.

Jika menyukai tampilan mengalir dengan daya pikat unik, sutra adalah bahan pilihan untuk perawatan jendela yang mewah.

Berkat adanya bobble halus pada tenunannya, linen memiliki daya tarik tekstur menawan yang membedakannya dari pilihan lain.

Gorden linen bisa sangat bergaya, tetapi tidak terlalu dapat diandalkan dalam mencegah sinar matahari masuk ke ruangan.

Proses perawatannya bisa sedikit sulit karena mudah kusut. Tirai linen biasanya membutuhkan dry cleaning untuk mencegah perubahan pada tampilan aslinya.

Keuntungan material gorden linen tidak terlalu kaku setelah beberapa kali pencucian. 

Kain tebal ini menawarkan bobot berat, yang berarti Anda perlu melakukan upaya ekstra menggantungnya dengan benar tanpa mengkhawatirkan masalah stabilitas.

Ketebalan gorden velvet memberikan keuntungan besar dalam mengisolasi ruangan dari hawa dingin serta menjaga ruangan tetap privasi. 

Selain itu, velvet memliki tampilan mewah yang melengkapi keindahan bahan ini sehingga menjadikannya pilihan benar-benar premium untuk material gorden.

Meski secara tradisional beludru dibuat dari sutra alami, sekarang ini beludru dibuat dengan menggunakan bahan sintetis seperti rayon dan poliester. Namun, gorden velvet memiliki harga lebih mahal, termauks velvet sintetis.  

Satin

Satin memiliki permukaan yang sangat halus dan biasanya terbuat dari poliester meski secara tradisional dibuat dari sutra.

Gorden satin mampu mengurangi dampak sinar matahari yang kuat yang masuk melalui jendela. Tenunannya yang tebal bertanggung jawab mengisolasi rumah secara efisien dari sinar UV sekaligus menawarkan privasi lebih baik.

Selain itu, material gorden satin juga memiliki tampilan sangat mewah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/23/110732776/ketahui-ini-5-material-terbaik-gorden-untuk-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke