Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Harus Memisahkan Anak Kucing dari Induknya?

Anak-anak kucing masih membutuhkan kasih sayang dan penyapian dari sang induk. Begitu pun sang induk harus merawat, menyusui, dan memandikan anak kucing. 

Namun, seiring waktu, anak kucing harus dipisahkan dari sang induk. Tentu saja, memisahkan anak kucing dari induknya tidaklah mudah.

Ini bisa memilukan dan membuat trauma di keduanya, terlebih anak kucing yang masih sangat membutuhkan sang induk. Karena itu, sebelum melakukannya, sebaiknya mengetahui kapan waktu terbaik melakukannya dan bagaimana cara melakukannya.

Dilansir dari My Animals, Rabu (22/3/2023), berikut cara memisahkan anak kucing dari induknya. 

Ketika mencapai usia tiga minggu, anak kucing sudah bisa membuka mata dan secara bertahap mulai menjelajahi lingkungannya.

Pada usia ini, anak kucing mulai mencium, menyentuh, dan mencicipi segala sesuatu yang terlihat, termasuk saudara mereka dan beberapa makanan padat. 

Ukuran tempat tidur atau kandang yang digunakan anak kucing dan induknya sangat penting. Umumnya, induk kucing yang baru pertama kali melahirkan dapat memiliki tiga atau empat anak kucing. Namun, beberapa kucing yang sudah berpengalaman bisa memiliki 10-12 anak kucing. 

Sebagai aturan umum, jumlah anak kucing dalam satu kandang menentukan seberapa cepat anak kucing dapat meninggalkan induknya.

Semakin besar keluarga, semakin cepat anak kucing belajar mandiri dan tidak lagi bergantung pada induknya. 

Anak kucing belajar bermain dan berkelahi lebih cepat jika mereka dikelilingi saudara-saudaranya. Anak kucing akan belajar berburu, makan, dan bermain dengan lebih baik jika berasal dari kawanan besar.  

Dalam proses menyusui, nutrisi paling penting adalah kolostrum karena cairan ini memberikan pertahanan yang diperlukan untuk anak kucing yang baru lahir. 

Satu-satunya masalah adalah kolostrum hanya diproduksi selama beberapa hari pertama saat kucing menyusui anaknya.

Seiring waktu, air susu kucing kehilangan beberapa kualitasnya, tetapi tetap mempertahankan kualitas nutrisinya.

Karena alasan ini, anak kucing tidak boleh dipisahkan dari induknya sebelum waktunya. Hal ini dapat membuat anak kucing menjadi lemah dan mengalami masalah perkembangan. 

Kapan anak kucing dapat diberikan makanan padat?

Air susu kucing sangat penting untuk perkembangan anak kucing. Namun, makanan padat juga memberi kucing protein, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini diperlukan anak kucing untuk tumbuh menjadi kucing dewasa yang sehat.

Karena itu, disarankan memperkenalkan makanan padat segera setelah Anda melihat anak kucing mencuri makanan dari induknya. Isi mangkuk kecil dengan sedikit makanan dan air, lalu biarkan anak kucing makan sampai kenyang.

Saat berusia dua bulan, gigi anak kucing mulai tumbuh. Pada saat ini, tambahkan segenggam makanan kering ke dalam makanannya agar anak kucing terbiasa dengan rasa dan tekstur  berbeda. 

Proses penyapihan harus berjalan lambat. Jadi, sejak bulan pertama kehidupannya, Anda dapat memberikan anak kucing sedikit makanan agar mereka tidak sepenuhnya bergantung pada susu induknya. Jangan berikan anak kucing susu sapi karena dapat menyebabkan diare.

Untuk memisahkan anak kucing dari induknya, bawa setiap anak kucing ke ruangan yang tenang dan jauh dari saudara-saudaranya dan induknya. Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa menit.  

Namun, lakukan hal ini sampai induk kucing menjauh dari anak-anaknya. Jika induk kucing tidak pergi, tawarkan semangkuk makanan. Setelah induk kucing menjauh, cobalah  mengambil anak-anak kucing tersebut. 

Berikan anak kucing beberapa mainan untuk dimainkan dan mendorongnya berjalan dan menjelajah sendiri ruangan tersebut. Jika anak kucing berhasil melakukannya, berikan mereka camilan lezat. 

Memisahkan anak kucing dari induknya dapat dimulai saat anak kucing berusia tiga bulan karena sudah cukup kuat untuk menjauh dari induknya. 

Sangat penting mensosialisasikan anak kucing semuda mungkin. Ini berarti sering menyentuh dan membelai anak kucing.

Hal ini sangat penting bagi anak kucing agar terbiasa dengan manusia. Dengan begitu, saat tiba waktu memisahkan anak kucing dari induknya, mereka tidak lagi takut dan orang yang ingin mengadopsinya tidak banyak mengalami kesulitan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/22/071947076/kapan-harus-memisahkan-anak-kucing-dari-induknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke