Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membuat Sofa di Ruang Tamu Tampak Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah elemen dekorasi penting di ruang tamu. Tidak hanya merupakan furnitur yang mungkin paling besar di ruang tamu, sofa juga barangkali paling mahal.

Dikutip dari Living Etc, Jumat (3/3/2023), ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat sofa murah terlihat lebih mahal, dan ruang tamu tampak mewah. Untuk ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Berikut beberapa cara membuat sofa di ruang tamu tampak mewah.

Namun, terutama jika kain sofa Anda lebih rumit seperti beludru, kulit, atau suede, ada argumen kuat untuk mengatakan sebaiknya serahkan pembersihan sofa kepada profesional.

Pembersihan uap adalah cara yang harus dilakukan untuk membersihkan pelapis sofa. Alih-alih menggunakan kelembapan yang tinggi, yang dapat meninggalkan bekas air dan merusak serat, uap dengan lembut mengangkat noda dari kain.

Sofa yang sebelumnya lusuh akan terlihat bagus seperti baru.

2. Pikirkan aksesoris sofa

Setelah sofa bersih, Anda dapat memikirkan untuk memperbarui asesorisnya. Anda perlu membuat sofa terlihat menarik dan bergaya pada saat bersamaan, kata Kai Price dan Amanda Nelson, pendiri Att Pynta.

Cara yang bagus untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan bantal dalam beberapa ukuran, dimulai dengan yang besar di belakang dan melapisi yang lebih kecil di atasnya.

Menggunakan bantal dalam berbagai bentuk akan menambah daya tarik. Anda bisa menggunakan sofa besar persegi di belakang dan campuran persegi dan persegi panjang di depan.

Untuk bahan kain, pilih beludru dan linen yang merupakan bahan premium dan lembut, ujar Price dan Nelson.

Jika sofa dilapisi ulang atau diperbaiki dan memiliki kain sisa, gunakan ini untuk membuat bantal yang serasi. Ini menciptakan tampilan yang bersih dan canggih, tutur Sophie Rowell, Direktur dan Pendiri Côte de Folk.

3. Jauhkan sofa dari dinding

Cukup dengan mengubah posisi sofa dapat membuatnya terlihat lebih mewah. Jika Anda memiliki ruang yang memungkinkan, selalu dianjurkan untuk menempatkan sofa di tengah ruangan, jauh dari dinding, sebut Price dan Nelson.

Menurut mereka, ini dapat membantu menyeimbangkan ruangan. Itu dapat meninggikan sofa Anda dengan memperlakukannya sebagai objek estetika, daripada yang murni fungsional yang didorong ke sudut.

Memindahkan sofa menjauh dari dinding juga memungkinkan Anda menambahkan bangku di belakang sofa untuk buku, lilin, dan tanaman, memberikan kesan mewah dan tinggi pada ruangan, tutur mereka.

Tambahkan pilihan lukisan dan hiasan dalam berbagai ukuran di belakangnya untuk membuat ruangan terasa nyaman.

5. Beri gaya pada area di sekitar sofa

Anda dapat meningkatkan tampilan sofa bahkan tanpa menyentuhnya dengan memberikan sedikit perhatian pada area sekitarnya.

Pastikan latar belakang yang bagus. Ini bisa berupa dinding yang dicat, penutup dinding seperti wallpaper atau mural, atau bisa juga menjadi titik fokus seperti rak, karya seni, atau cermin, ujar Fiona Duke dari Fiona Duke Interiors.

Anda juga bisa membantu membingkai area sofa dengan pencahayaan. lampu gantung, lampu dinding, atau lampu lantai atau meja adalah cara murah untuk menambah kecanggihan ruangan, terang Duke.

Menempatkan permadani di bawah sofa Anda juga dapat membantunya "terasa membumi," Fiona Duke menjelaskan, sementara tanaman yang ditata di sekitarnya dapat memberikan efek "pelembutan".

Meja samping kecil juga bisa praktis dan apik. Yang melingkar terlihat bagus, di sebelah lengan sofa, tutur Price dan Nelson. 

Anda juga dapat menggunakan ruang ini untuk menambahkan beberapa buku, vas bunga segar, atau lampu meja kecil untuk penerangan yang nyaman, imbuh mereka.

Jadi Anda tidak perlu membeli sofa mewah untuk mendapatkan area tempat duduk yang bergaya. Apakah Anda memutuskan untuk berinvestasi pada aksesori baru, memesan steam clean, atau mengatur ulang tata letak ruang tamu, ada banyak cara yang terjangkau untuk mendapatkan tampilan yang mahal.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/03/180600276/5-cara-membuat-sofa-di-ruang-tamu-tampak-mewah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke