Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Kasur Hotel Empuk dan Nyaman? Ternyata Ini 6 Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda pernah menginap di hotel, Anda mungkin memperhatikan betapa nyamannya kasur hotel. Akan tetapi, kenapa kasur hotel empuk dan nyaman?

Dikutip dari Bedroom Style Reviews, Senin (13/2/2023), kasur hotel nyaman karena menggunakan kasur pegas memory foam hybrid berkualitas tinggi atau desain busa lateks untuk pelepasan dan penyangga tekanan yang luar biasa.

Selain itu, banyak kasur hotel dilapisi penutup atau pelapis kasur, seprai lembut, selimut empuk, bantal bulu angsa, dan dekorasi kamar tidur untuk menciptakan suasana yang nyaman.

Berikut beberapa alasan kenapa kasur hotel empuk dan nyaman.

1. Kasur berkualitas tinggi

Hotel-hotel berperingkat teratas berinvestasi dalam desain kasur berkualitas tinggi yang biasanya dapat mengatur suhu Anda, meredakan titik-titik tekanan, mengisolasi gerakan, dan bertahan cukup lama untuk menampung sejumlah besar tamu sepanjang tahun.

Kasur hybrid, innerspring, dan memory foam paling sering digunakan di kamar hotel karena memberikan tingkat kenyamanan dan dukungan yang tinggi.

Kasur innerspring menggunakan serangkaian pegas untuk memberikan dukungan, pantulan, dan ventilasi yang baik sehingga Anda tidur nyenyak sepanjang malam.

Kasur memory foam menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda, menghilangkan titik tekanan, dan menyerap gerakan, sehingga Anda dapat tidur tanpa gangguan.

Namun, kasur memory foam dapat menahan panas, dan menyebabkan Anda tidur kepanasan dan berkeringat sepanjang malam kecuali jika kasur tersebut memiliki fitur pengatur suhu seperti butiran gel atau busa.

Oleh karena itu, hotel menyukai kasur hibrida dengan kombinasi busa dan pegas karena memungkinkan pembuangan panas dan ventilasi dalam jumlah maksimum untuk membantu mengatur suhu Anda.

Hotel sering kali memilih kasur dengan kepadatan sedang karena cenderung memiliki tingkat kekencangan yang sesuai dengan berbagai gaya tidur dan dapat membantu meringankan sakit punggung pada beberapa individu.

Kasur lain yang terbuat dari bulu, bulu halus, dan serat poliester tidak umum ditemukan di kamar hotel karena hanya memberikan sedikit penyangga dan seringkali murah dan tipis.

2. Pelapis kasur

Beberapa hotel menambahkan penutup kasur atau pelapis kasur di atas kasur untuk menawarkan lapisan tambahan bantalan dan kenyamanan.

Pelapis kasur dapat menyesuaikan tingkat kekencangan kasur dan melindungi kasur agar tidak aus sebelum waktunya.

Beberapa pelapis kasur bahkan dirancang untuk diletakkan di satu sisi kasur saja ketika dua pasangan tidur memiliki preferensi kekencangan yang berbeda.

3. Seprai lembut yang nyaman di kulit

Hotel biasanya memilih seprai yang ringan, bernapas, dan lembut seperti katun dengan staples panjang dengan jumlah benang sekitar 300. Semakin tinggi jumlah benang, semakin lembut seprai.

Seprai di hotel tidak hanya lembut dan nyaman di kulit, tetapi juga harum berkat pembersih khusus, deterjen, dan pelembut kain yang digunakan untuk mencuci seprai secara rutin.

Aroma seprai yang menyenangkan memberikan perasaan tenang yang membantu Anda tidur dengan damai.


Selain kebersihan, hotel menggunakan seprai datar yang disetrika, diregangkan, dan diselipkan di bawah kasur dengan sangat rapi.

4. Selimut halus

Banyak hotel menggabungkan selimut bulu angsa di atas seprai dan kasur untuk memberikan rasa empuk dan nyaman. Selimut memiliki sifat insulasi, yang dapat membantu Anda tetap hangat sepanjang malam.

Hotel biasanya membeli selimut yang lebih lebar dan panjang dibandingkan dengan yang Anda gunakan di rumah agar tempat tidur terlihat lebih mewah.

Beberapa selimut dilengkapi dengan 'baffle' yang mencegah isi bulu angsa menggumpal sekaligus meningkatkan sirkulasi udara.

5. Bantal yang nyaman

Hotel menggunakan berbagai bantal untuk mengakomodasi kebutuhan tamu dalam jumlah terluas untuk memberikan dukungan bagi kepala dan leher.

Biasanya Anda dapat menemukan dua bantal empuk di tempat tidur karena bantal bulu angsa ringan, empuk, dan tahan lama. Hotel memastikan bantal diisi dengan benar sehingga tidak rata atau kempes setelah beberapa malam.

6. Penataan kamar

Sebagian besar hotel memilih warna putih untuk mengecat dindingnya dan untuk kamar tidur mewah karena dekorasi serba putih membuat ruangan terlihat higienis, mewah, dan baru saja direnovasi.

Seprai putih memberi para tamu rasa nyaman yang menenangkan dan lebih mudah dibersihkan hotel.

Selain itu, kamar hotel menyediakan ruang yang rapi dan tidak berantakan untuk melepas lelah tubuh dan pikiran Anda.


Beberapa hotel bahkan mungkin mengikuti prinsip feng shui untuk membantu menyeimbangkan energi di kamar hotel untuk pengalaman yang lebih santai.

Hotel juga menerapkan metode tertentu untuk merapik kasur, termasuk menyelipkan seprai dengan rapi di bawah kasur menggunakan lipatan di sudut tempat tidur.

Tampilan tempat tidur yang dibuat secara profesional dapat menciptakan daya tarik yang menenangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/13/080000276/kenapa-kasur-hotel-empuk-dan-nyaman-ternyata-ini-6-alasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke