Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Waktu Terbaik Mendekorasi Rumah untuk Menyambut Natal

Beberapa orang sudah mendekorasi rumah sejak awal Desember. Mulai dari, memasang wreath dan garland  pada pintu masuk rumah atau ruang keluarga, menghiasi pohon Natal, dan membungkus kado. 

Namun, ada juga yang mendekorasi rumah beberapa minggu menjelang Natal. Lantas, kapan waktu terbaik mendekorasi rumah untuk menyambut Hari Raya Natal?

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (3/12/2022), berikut waktu terbaik mendekorasi rumah untuk menyambut Natal. 

Chief Merchandising Officer di Balsam Hill, Jennifer Derry, mengatakan bahwa sekitar Halloween—tepatnya akhir Oktober—merupakan waktu terbaik memasang dekorasi Natal luar ruangan.

“Lampu Natal bisa dipasang secepatnya seperti sekitar Halloween. Lampu bening terlihat bagus setiap saat sepanjang tahun, sementara lampu warna-warni menciptakan suasana lebih meriah,” ujarnya. 

Kamu pun bisa memilih menggunakan lampu yang dapat disesuaikan. Jadi, warnanya bisa diubah untuk menyesuaikan musim.

Sebelum Thanksgiving

Thanksgiving adalah perayaan untuk mengungkapkan terima kasih atau syukur pada akhir musim panen. Perayaan ini ditetapkan sebagai hari libur nasional di Amerika Serikat dan Kanada.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (21/9/2021), perayaan Thanksgiving jatuh pada Kamis keempat November. Artinya, pada 2022, Thanksgiving jatuh pada 24 November 2022. 

Penulis buku Creative Style, Lizzie McGraw, mengungkapkan bahwa ia mulai mempersiapkan perayaan Natal pada November seperti sebelum Thanksgiving.

“Di rumah saya, kamu akan melihat stoples kaca berisi ornamen antik dan lampu luar ruangan menyala pada November. Ini memberi kesan bahwa waktu keluarga akan tiba,” jelasnya.

Jumat setelah Thanksgiving adalah waktu paling populer untuk mulai mendekorasi rumah untuk menyambut  Natal.

“Salah satu tradisi keluarga yang saya sukai adalah mendirikan pohon Natal tepat setelah Thanksgiving,” kata pendiri perusahaan dekorasi SUNNY&TED, Jasmine Williams.

Menurutnya, ini memungkinkan keluarganya menikmati tampilan pohon Natal sepanjang musim Natal dan memberinya sesuatu untuk dikerjakan sepanjang pekan liburan Thanksgiving.

Samantha Tannehill dari Sam Tannehill Designs juga mengatakan hal serupa. Ia memasang dekorasi Natal setelah Thanksgiving untuk mengisi hunian dengan kegembiraan liburan untuk dinikmati selama berminggu-minggu menjelang Natal.

Awal Desember

Meski Williams mendirikan pohon Natal setiap Jumat setelah Thanksgiving, ia selalu mengeluarkan dekorasi Natal secara perlahan hingga Desember tiba.

“Wreath, garland, bantal Natal, dan peralatan makan khusus hari libur ditambahkan di sekitar rumah pada minggu pertama Desember,” ujarnya.

Sementara itu, Emma Long, desainer interior dari Aspen & Ivy, mengatakan menunggu hingga minggu pertama Desember untuk mengeluarkan dekorasi Natal dalam ruangan. 

Terlepas dari waktu yang dipilih untuk mulai mendekorasi rumah, CEO dan Creative Director di Bria Hammel Interiors, Bria Hammel, mengatakan kamu bisa memprioritaskan dekorasi dalam ruangan terlebih dulu.

Sebagai contoh, habiskan satu akhir pekan untuk mendekorasi bagian dalam rumah dan akhir pekan lainnya untuk mendekorasi bagian luar rumah.

Pada Hari Raya Natal

Meski sudah memasang dekorasi Natal dari jauh hari, Hammel menyarankan sebaiknya beberapa benda dekorasi baru dipasang tepat pada 25 Desember seperti tanaman dekorasi yan masih segar.

“Dengan begitu, mereka tidak akan kering atau mati saat tamu tiba,” ujarnya.

John McClain dari John McClain Design mengatakan, jika menggantung kaus kaki Natal dari jauh hari, jangan langsung mengisinya karena makanan, permen, kartu, dan/atau hadiah di dalamnya bisa habis dimakan tikus.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/03/154809676/catat-ini-waktu-terbaik-mendekorasi-rumah-untuk-menyambut-natal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke