Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Media Tanam untuk Sayuran di Polybag

JAKARTA, KOMPAS.com - Media tanam berfungsi untuk menopang tanaman, memberikan nutrisi dan menyediakan tempat bagi akar tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Melalui media tanam, tanaman mendapatkan sebagian besar nutrisinya.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (2/12/2022), untuk budidaya tanaman di pot atau polybag, media tanam berfungsi sebagai pengganti tanah. Oleh karena itu, harus bisa menggantikan fungsi tanah bagi tanaman.

Media tanam yang baik harus memiliki sifat-sifat fisik, kimia dan biologi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Secara umum, media tanam yang baik harus memiliki syarat-syarat sebagai berikut.

  • Mampu menyediakan ruang tumbuh bagi akar tanaman
  • Memiliki porositas yang baik, yakni bisa menyimpan air sekaligus mempunyai drainase (kemampuan mengalirkan air) dan aerasi (kemampuan mengalirkan oksigen) yang baik
  • Menyediakan unsur hara yang cukup baik makro maupun mikro
  • Tidak mengandung bibit penyakit

Bahan-bahan media tanam organik

1. Tanah

Tanah adalah bahan utama media tanam organik. Tanah yang baik untuk media tanam sebaiknya diambil dari lapisan bagian atas (top soil).

2. Kompos atau humus

Kompos merupakan bahan organik yang berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman

3. Arang sekam atau sabut kelapa

Arang sekam merupakan hasil pembakaran tak sempurna dari sekam padi. Arang sekam berguna untuk meningkatkan kapasitas porositas tanah.

Penambahan arang sekam pada media tanam akan memperbaiki struktur media tanam karena mempunyai partikel-partikel yang berpengaruh pada pergerakan air, udara, dan menjaga kelembapan.

Cara membuat media tanam organik

Cara membuat media tanam polybag atau pot dengan menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas. Untuk membuat media tanam yang baik diperlukan unsur tanah, bahan pengikat atau penyimpan air dan penyedia unsur hara.

Bahan baku yang akan digunakan dalam tutorial berikut adalah tanah top soil, kompos dan arang sekam. berikut langkah-langkahnya. 

Siapkan tanah yang terlihat gembur dan subur, lebih baik diambil dari bagian paling atas. Kemudian ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus.

Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal. Tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata.

Siapkan kompos yang telah matang, bisa dari jenis bokhasi atau pupuk kandang. Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah.

Komposisi campuran adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2 : 1 : 1). Aduk hingga merata.

Siapkan pot atau polybag, masukkan campuran tersebut ke dalamnya. Media tanam sudah siap digunakan.

Ketiga bahan baku tersebut bisa juga dicampur dengan komposisi 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1. Komposisi yang terbaik bagi tergantung dari jenis tanaman dan ketersediaan sumber daya.

Terkait hasil, beberapa penelitian menunjukkan hal yang berbeda. Anda lebih baik mencobanya secara trial and error.

Media tanam sangat berguna apabila ingin menanam sayuran dalam polybag atau pot. Metode ini cocok diterapkan di lahan yang terbatas atau lahan sempit.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/02/082200176/cara-membuat-media-tanam-untuk-sayuran-di-polybag

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke