Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Lemon untuk Mencerahkan Pakaian Putih

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk sebagian besar orang, mencuci pakaian adalah salah satu tugas yang mudah. Cukup masukkan pakaian ke dalam mesin cuci, tambahkan deterjen, dan tekan mulai.

Namun, ternyata tidak semudah itu, karena tak hanya memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, Anda juga harus memerhatikan keadaan noda, hingga hasil cuci pakaian tersebut.

Sehingga, banyak orang yang memasukan produk pembersih lainnya ke dalam mesin cuci untuk menghasilkan cucian yang bersih. 

Salah satunya adalah pemutih. Ini merupakan salah satu bahan pembersih yang lebih populer digunakan bersama deterjen, dengan tujuan mencerahkan pakaian dan linen putih, serta menghilangkan noda.

Meskipun demikian, mereka yang berusaha untuk lebih sadar lingkungan mungkin ingin menghilangkan pemutih dari rutinitas mencuci mereka.

Dilansir House Digest, Sabtu (19/11/2022), pemutih dan larutan yang mengandung pemutih melepaskan racun ke udara yang dapat merusak lapisan ozon. Pemutih juga bercampur dengan air di mesin cuci Anda, dan bila dibuang dapat membahayakan hewan dan satwa liar lainnya.

Selain itu, mencampurkan bahan kimia yang salah dengan pemutih dapat menghasilkan gas klorin, kloroform, dan lainnya, sehingga berbahaya jika berada di sekitar anak kecil.

Untungnya, ada bahan alami yang memiliki khasiat menghilangkan noda dan memutihkan pakaian, yakni lemon. 

Penghilang noda dan pencerah pakaian putih

Lemon, dan air perasannya lemon adalah bahan yang sangat ampuh untuk dimiliki dalam gudang pembersih alami Anda.

Lemon mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi, yang memberi mereka rasa asam. Ini juga yang membuatnya menjadi bahan pembersih yang ampuh, tidak hanya mampu mengangkat dan menghilangkan noda, tetapi juga membersihkan area dan membunuh bakteri.

Menggunakan perasan air lemon (yang tinggi asam) mungkin tampak berlawanan dengan intuisi sebagai pengganti pemutih karena yang terakhir adalah basa.

Namun, asam sitrat cukup ampuh untuk mengangkat sebagian besar noda, bahkan noda yang lebih berat seperti noda darah. Air perasan lemon segar sangat ideal untuk pembersihan, karena tidak mengandung bahan pengawet  yang dapat berdampak negatif pada proses pembersihan.

Air perasan lemon juga hanya boleh digunakan pada bagian putih, noda, atau pakaian yang ingin Anda cerahkan, karena merupakan bahan pencerah yang ampuh.

Cara menggunakan lemon untuk mencuci pakaian

Menggunakan air perasan lemon dalam cucian adalah proses yang sangat sederhana. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, sebaiknya Anda menggunakan air perasan lemon segar.

Untuk memberikan hasil yang maksimal, gunakan setengah cangkir, jadi ambil sekantong lemon dan buat jus terlebih dahulu, ini mencegah biji tersangkut di cucian atau mesin cuci.

Cukup tambahkan sebagai tambahan deterjen cucian ke cucian putih Anda berikutnya dan Anda akan disambut dengan cucian beraroma lemon yang bersih dan cerah.

Air perasan lemon juga bisa digunakan untuk mengobati noda membandel. Ini hanya boleh dilakukan pada pakaian putih.

Bilas area tersebut dengan cepat untuk mencoba menghilangkan kotoran di permukaan, lalu peras lemon langsung di atasnya. Kemudian, tambahkan sejumput garam, gunakan tekstur berpasir untuk menggosok air lemon dengan lembut.


Bilas lagi, diikuti dengan perasan lemon lagi. Jangan khawatir jika noda masih terlihat, karena langkah selanjutnya adalah menjemur barang tersebut di bawah sinar matahari seharian.

Matahari, garam, dan lemon akan menyatu untuk meringankan noda secara signifikan. Ulangi jika perlu, lalu cuci dengan sisa pakaian putih Anda. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/19/111400076/cara-menggunakan-lemon-untuk-mencerahkan-pakaian-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke