Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jenis Tanaman Herbal yang Bisa Ditanam di Rumah Dengan Mudah

Sering disebut sebagai tanaman obat, tanaman herbal layak untuk ditanam di sekitar rumah karena sudah digunakan turun-temurun oleh orang-orang terdahulu.

Jika kamu tertarik untuk menanamnya, terdapat beberapa jenis tanaman herbal yang mudah ditanam di rumah.

Disadur dari Gramedia.com, Rabu (2/11/2022), berikut ini adalah lima pilihan tanaman herbal yang bisa ditanam di rumah dengan mudah.

Selain sebagai obat herbal, lidah buaya juga bermanfaat untuk kulit dan rambut sehingga banyak orang yang menggunakannya.

Lidah buaya memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati jerawat.

Kumis kucing dikenal memiliki khasiat untuk meringankan beberapa masalah kesehatan, seperti gusi yang bengkak dan luka pada kulit.

Selain itu, kumis kucing juga memiliki zat antiradang yang bisa membantu mengendalikan beberapa gejala dari alergi, rematik, asam urat, penyakit ginjal, dan menghentikan kejang-kejang.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Ethnopharmacology, disebutkan bahwa kumis kucing memiliki sifat diuretik yang dapat memicu peningkatan produksi urine.

Daun sirih

Daun sirih dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan.

Bahkan masyarakat zaman dulu telah terbiasa mengunyah sirih untuk menjaga kesehatan gigi dan kebersihan mulut.

Kebiasaan mengunyah sirih juga terbukti memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang ada dalam mulut sehingga dapat mencegah gigi berlubang maupun penyakit gusi.

Tak hanya itu, antioksidan tanin yang ada pada daun sirih dapat mempercepat respon tubuh untuk membekukan darah serta menyembuhkan luka.

Daun kemangi

Daun kemangi juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal karena memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti meringankan perut kembung, mengobati luka goresan pada kulit, bahkan meningkatkan nafsu makan.

Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah tanaman herbal lainnya yang mudah ditanam di rumah dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada pada jeruk nipis sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin, itu dapat meningkatkan sistem imun seseorang, mencegah batu ginjal, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, meningkatkan kesehatan kulit, dan membantu penyerapan zat besi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/02/181000076/5-jenis-tanaman-herbal-yang-bisa-ditanam-di-rumah-dengan-mudah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke