Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Wajan Keramik, Pakai Bahan yang Ada di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan keramik adalah salah satu peralatan masak yang banyak digunakan karena memiliki sifat antilengket. Wajan keramik sebenarnya tidak antilengket, tetapi berfungsi seperti itu.

Dilansir The Kitchn, Jumat (21/10/2022), tidak seperti wajan teflon, wajan keramik memiliki reputasi bebas dari bahan kimia atau bahan yang berpotensi beracun.

Lapisan pada wajan keramik juga membantu mendistribusikan panas secara merata, yang pada gilirannya berarti makanan matang secara merata, baik di bagian tengah wajan atau di tepinya.

Mungkin selama ini Anda merasa cukup mudah membersihkan wajan keramik dengan sabun cuci piring dan spons non-abrasif. Namun, peralatan yang salah bisa membuat panci keramik rusak.

Agar wajan keramik Anda tetap terlihat bagus, Anda perlu tahu cara mencucinya dengan tangan secara efektif tanpa menyebabkan kerusakan apa pun. Berikut cara membersihkan wajan keramik yang benar.

Cara membersihkan wajan keramik

Gunakan air panas untuk membantu melonggarkan sisa makanan yang menempel pada wajan keramik. Kumpulkan semua alat pembersih yang Anda perlukan (soda kue, cuka, dan spons nonabrasif).

Isi wajan keramik kotor sekitar setengahnya dengan air, dan didihkan. Rebus air selama sekitar dua menit.

Bersihkan secara menyeluruh dengan spons melamin. Tuangkan air dan letakkan wajan keramik di atas permukaan tahan panas yang kokoh, seperti talenan.

Selagi wajan masih hangat, gunakan spons melamin basah untuk membersihkan bagian dalam wajan yang kotor.

Cuci wajan dengan air hangat dan sedikit sabun cuci piring dengan spons non-abrasif. Hindari menggunakan wol baja, bantalan logam, atau pembersih abrasif pada pelapis keramik.

Untuk bagian luarnya, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Gosokkan pasta pada bagian luar noda dengan sikat pembersih berbulu lembut.

Bilas bagian luar wajan. Gunakan cuka putih untuk membilas bagian yang tersisa.

Bilas wajan untuk terakhir kali, dan keringkan dengan lain lap.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/21/074800776/cara-membersihkan-wajan-keramik-pakai-bahan-yang-ada-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke