Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menata Kamar Tidur Menurut Feng Shui untuk Maksimalkan Energi

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah tentang memperhatikan detail lingkungan Anda sehingga Anda dapat menciptakan ruang yang mendukung pertumbuhan dan transformasi pribadi. 

Satu tempat yang mungkin membutuhkan penyegaran energi adalah kamar tidur, khususnya adalah tempat tidur.

Dilansir Mind Body Green, Senin (10/10/2022), menurut feng shui, penempatan tempat tidur yang tepat dapat membantu menumbuhkan perasaan aman, keseimbangan, dan stabilitas. Arsitek dan konsultan feng shui bersertifikat, Anjie Cho menjelaskan tentang cara memposisikan tempat tidur Anda untuk energi positif maksimum, antara lain sebagai berikut. 

Posisi terbaik tempat tidur menurut feng shui

Ada sesuatu dalam feng shui yang disebut posisi perintah. Posisi ini adalah ketika Anda duduk di tempat tidur dengan punggung menempel di kepala tempat tidur, Anda dapat melihat pintu tanpa sejajar dengannya.

Biasanya itu berarti Anda melihat secara diagonal ke arah pintu. Selain itu, lokasi tersebut merupakan posisi terbaik penempatan tempat tidur.

Cho mengatakan yang terbaik adalah tidak menempatkan tempat tidur tepat di bawah jendela, terutama jika kamar tidur berada di lantai dasar.

Terakhir, idealnya sandaran kepala tempat tidur tepat menempel ke dinding, dengan ruang di kanan dan kiri untuk meja atau lampu samping tempat tidur. 

Mengapa itu penting?

Sejauh mengapa penempatan tempat tidur penting, itu bermuara pada sisi pikiran yang lebih primitif. Ketika Anda tidak dapat melihat pintu, Anda mungkin secara tidak sadar merasa tidak aman, seperti seseorang bisa datang menerobos masuk tanpa Anda sadari. 

Selain itu, jika Anda berada tepat di depan pintu, tanpa sadar bisa merasa bahwa Anda juga berada dalam bahaya.

Pintu juga memiliki arti penting yang lebih metaforis dalam feng shui.

Cho menjelaskan, ketika Anda bisa melihatnya, Anda terbuka untuk semua peluang dan energi yang datang ke arah Anda. Ketika tidak bisa terlihat, Anda memalingkan muka dari masa depan dan secara tidak sengaja melihat ke belakang.

Di samping itu, bjika Anda bertanya-tanya tentang bagaimana penempatan tempat tidur dapat memengaruhi kemitraan saat ini atau masa depan, Cho menjelaskan bahwa simetri, dan memiliki ruang terbuka di kedua sisi tempat tidur, mendukung keseimbangan dalam suatu hubungan.

Bagaimana jika memiliki kamar tidur kecil dan tidak dapat mengatur tempat tidur dengan cara ini?

Jika Anda tidak dapat mengaplikasikan tips ini karena ukuran ruangan, ada opsi lain.

Bila Anda tidak dapat memposisikan tempat tidur sedemikian rupa sehingga Anda dapat melihat pintu secara optimal, Anda dapat menempatkan cermin sehingga Anda bisa melihat pantulan pintu di cermin saat di tempat tidur. 

Demikian pula, jika tidak memiliki ruang di kedua sisi tempat tidur, Anda dapat menggunakan cermin di dinding samping tempat tidur untuk memperluas pandangan.

Namun, itu tidak ideal, karena benar-benar harus memiliki ruang di kedua sisi, meskipun hanya sedikit, itu bisa membantu menjaga energi tetap mengalir di sekitar saat Anda tidur.

Setelah Anda memposisikan tempat tidur, ada banyak penyesuaian feng shui lainnya yang dapat meningkatkan energi di kamar tidur.

Sebagai permulaan, Anda harus memastikan area di bawah tempat tidur sebebas mungkin. Idenya adalah bahwa apa pun di bawah sana dapat menghalangi aliran energi di sekitar saat Anda tidur.

Jika ruang penyimpanan terbatas, barang-barang lembut seperti seprai dan bantal boleh disimpan di bawah tempat tidur. Tapi tidak barang yang tajam atau keras, seperti sepatu, koper, atau buku.

Sementara itu, untuk kain dan warna, Cho merekomendasikan bahan organik dan tidak beracun untuk linen dan sesuai anggaran Anda. 

Adapun warna kamar tidur terbaik di feng shui yang menenangkan, warna seperti biru dan hijau, nada bersahaja, dan kuning lembut. Cho juga penggemar warna putih karena kesegarannya.

Jika Anda mendambakan gairah, warna merah bisa menjadi perubahan yang menyenangkan, tetapi mungkin terasa terlalu berenergi jika Anda sulit tidur.

Terakhir, mengingat simetri selalu membantu menumbuhkan keseimbangan di kamar tidur. Jika memungkinkan, Anda dapat menciptakan efek ini dengan dua nakas atau dua lampu dan bantal simetris.

Ini juga terkait dengan mendukung hubungan yang seimbang dengan pasangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/10/212000076/cara-menata-kamar-tidur-menurut-feng-shui-untuk-maksimalkan-energi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke