Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Cerdas Menata dan Mendekorasi Ruang Tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ruang tamu menjadi ruangan serbaguna di rumah. Karena pandemi virus corona, sebagian besar dari kita harus bekerja dari rumah dan belajar dari rumah.

Dengan seluruh keluarga berbagi ruang tamu, desain dan utilitasnya layak untuk dipikirkan lebih lanjut. Dengan berbagai macam furnitur, bahan, kain, aksesori, dan elemen dekorasi untuk dipilih, bisa jadi sulit untuk memutuskan tampilan ruang tamu yang Anda inginkan.

Dikutip dari Femina India, Sabtu (24/9/2022), berikut beberapa cara cerdas menata dan mendekorasi ruang tamu menurut Devika Khosla, direktur kreatif The Works Interiors.

1. Ukur ruangan dengan benar

Hitung dimensi ruang tamu, perhatikan ketinggian bukaan pintu dan jendela, serta perabotan tetap yang ingin Anda pertahankan. Menyusun rencana dengan pengukuran yang benar adalah cara yang efisien untuk mulai menata dan mendekorasi ruang tamu.

Selanjutnya, rencanakan tata letak furnitur, dengan mempertimbangkan kemudahan akses dan aliran pergerakan.

Perhatikan ukuran, karena furnitur yang terlalu besar atau terlalu kecil akan terlihat tidak proporsional.

2. Pilih gaya Anda

Anda perlu menentukan suasana dan gaya ruang untuk tampilan yang kohesif, jadi tentukan apakah preferensi Anda, misalnya ruang tamu bergaya modern, kontemporer, minimalis, atau eklektik. Setelah Anda memutuskan gaya ruangan, tambahkan furnitur yang sesuai.

Ingatlah bahwa semua furnitur sebaiknya mencerminkan gaya yang sama.

3. Pertahankan kenyamanan dan fungsionalitas

Fungsionalitas dan desain sama pentingnya saat memilih furnitur ruang tamu. Pastikan panjang, tinggi dan kedalaman ini didasarkan pada ukuran dan ruang di dalam ruangan.


Ketinggian sofa yang ideal harus 17 inci dan kedalamannya bisa berkisar antara 30 hingga 36 inci, tergantung pada ruang dan berapa banyak area tempat duduk yang dibutuhkan.

4 Pertimbangkan meja

Meja kopi dan meja konsol juga merupakan fitur penting dari ruang tamu. Memilih bentuk, detail desain, dan bahan yang benar sangat penting.

Baik finishing berupa veneer, batu, berwarna, atau bertekstur, satu detail penting dapat membantu menyatukan estetika desain ruang tamu.

5. Ketinggian furnitur

Mendapatkan ketinggian furnitur yang tepat di ruang tamu sangat penting, terutama untuk furnitur dengan fungsi relatif. Misalnya, ketinggian sofa dan meja kopi harus sedemikian rupa sehingga saling melengkapi atau aliran gerakan akan menjadi tidak nyaman.

6. Periksa kualitas

Ruang tamu digunakan setiap hari oleh anggota keluarga dan kadang-kadang untuk menjamu tamu. Oleh karena itu, penting untuk memiliki furnitur yang kokoh dan fungsional yang akan bertahan lama tanpa kehilangan gaya dan desain.

7. Faktor AC

Pengkabelan dan pemipaan AC perlu direncanakan untuk disembunyikan. Faktor-faktor ini juga akan menentukan penempatan furnitur.

8. Pencahayaan dan kabel listrik

Pencahayaan sesuai suasana hati dan penempatan lampu yang tepat dapat meningkatkan suasana. Kap lampu yang sesuai dengan gaya desain keseluruhan dan lumen yang tepat pada bohlam dapat memeriahkan seluruh ruangan.

Cek titik cahaya yang ada dan titik tambahan yang Anda butuhkan untuk mendapatkan suasana yang tepat untuk berbagai penggunaan ruang yang sama, seperti bekerja, bersantai, dan menjamu tamu.

Miliki rencana untuk menyembunyikan kabel juga. Jika ruang tamu dilengkapi TV dan konsol media, periksa apakah perlu dipasang di dinding atau diletakkan di konsol. Rencanakan pengkabelan yang sesuai.

9. Tirai dan karpet

Elemen dekorasi seperti gorden, karpet, dan bantal adalah bagian penting yang memberikan tampilan dan gaya pada ruang tamu. Memilih tekstur dan warna yang tepat sangat penting.

Misalnya, beberapa bantal warna-warni dapat memberikan semangat yang dibutuhkan dalam desain ruang tamu minimalis. Demikian juga, karpet menambah kehangatan dan membuat tambahan yang bagus untuk ruang tamu.

Elemen penting dari sofa adalah pelapisnya. Ada banyak pilihan untuk dipilih, mulai dari katun dan linen hingga poliester dalam warna, cetakan, dan tekstur yang cerah. Nilai tujuan dan penggunaan furnitur dan persempit kainnya.

Misalnya, sutra halus tidak boleh digunakan untuk melapisi sofa. Sebagai gantinya, pilihlah bahan yang kokoh seperti linen.

Sutra halus dapat digunakan pada sarung bantal bantal sebagai gantinya.

10. Aksesori

Aksesori juga memainkan peran yang menentukan dalam keseluruhan tampilan ruang tamu. Barang-barang dekorasi seperti tanaman menyegarkan ruangan dan menciptakan elemen yang menenangkan di rumah.

Demikian pula, lukisan, foto, patung, dan seni dinding adalah cara yang bagus untuk menyatukan tampilan sambil mengekspresikan gaya Anda. Jangan lupa untuk membangun suasana dengan wewangian melalui lilin atau minyak esensial yang membuat ruang tamu mewah dan nyaman.

Tambahkan bunga segar untuk memberikan suasana yang menyenangkan dan mencerahkan hari yang membosankan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/24/213000976/10-cara-cerdas-menata-dan-mendekorasi-ruang-tamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke