Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menata Rumah dengan Cermin agar Terlihat Lebih Luas

JAKARTA, KOMPAS.com - Menciptakan lebih banyak ruang secara visual dan fisik adalah tujuan utama dalam mendekorasi rumah dengan luasan terbatas.

Cermin yang ditempatkan secara strategis adalah beberapa trik paling sederhana untuk meningkatkan ruangan sempit secara visual. Faktanya, selain jendela besar dan langit-langit yang menjulang, tidak ada lagi cara untuk membuat kesan yang luas, selain cermin yang ditempatkan dengan baik.

Cermin dapat membantu Anda memecahkan hampir semua dilema desain. Tentu saja, cermin adalah elemen dekorasi rumah yang bagus juga.

Jika Anda ingin membuat rumah Anda tampak lebih besar untuk menarik lebih banyak pembeli rumah, tips yang dilansir The Spruce, Kamis (15/9/2022)  ini akan membantu Anda.

1. Buat dinding cermin untuk memperbesar ruangan 

Untuk ruangan yang tidak memiliki jendela, membuatnya lebih besar seringkali bisa jadi sulit. Namun, untungnya cermin dapat membantu Anda memiliki efek yang sama seperti jendela.

Menempatkan cermin besar di dinding dapat dengan cepat menambah dimensi pada ruang apa pun. Meskipun mungkin tidak memberikan pandangan ke dunia luar, cermin dapat memecah ruang dinding dengan cara yang estetis.

2. Perbesar dinding kamar mandi dengan cermin 

Tempatkan cermin di belakang wastafel untuk memperbesar area dan memantulkan lebih banyak cahaya.

Atau, jika Anda memiliki bak mandi berdiri sendiri, pertimbangkan untuk menambahkan cermin berdiri sendiri dari lantai ke langit-langit di bagian belakangnya.


Pantulan bak mandi akan membantu menambah kesan ruang pada kamar mandi Anda, dan tentu saja, Anda dapat menggunakannya untuk perawatan pribadi dan juga berpakaian.

3. Desain cermin multifungsi

Jika Anda benar-benar kekurangan ruang dan tidak memiliki lokasi yang tepat untuk menggantung cermin, pertimbangkan untuk meletakkannya di lemari penyimpanan dan pintu lemari.

Ini tidak akan membantu memecahkan masalah perluasan area tetapi juga dapat digunakan sebagai rak dan koleksi dekoratif. Cermin yang melayani multifungsi membuat area terlihat lebih besar dan bagus.

4. Letakkan cermin dekat jendela

Jika interior rumah terasa kecil dan gelap, cermin dapat membantu memantulkan cahaya ke ruangan.

Gantung cermin di belakang lampu gantung, lampu gantung, atau di seberang jendela untuk memantulkan cahaya secara alami dan indah. Tapi ingat, lebih dari satu cermin besar akan membuat area manapun terasa canggung. 

5. Kelompokkan cermin

Cermin yang lebih besar bisa sangat mahal dan jika Anda tidak memiliki anggaran untuk itu, jangan khawatir. Pilih beberapa cermin kecil yang tersedia di toko barang bekas atau diskon dan cat bingkainya dengan warna yang sama.

Kelompokkan bersama di dinding di tempat yang sama untuk menciptakan perasaan terorganisir tanpa terlihat berantakan.

Meskipun sebagian besar memiliki ide di mana untuk menggantung cermin di rumah Anda, mereka biasanya lebih fleksibel daripada yang kita pikirkan.

Cermin yang ditempatkan dengan baik dapat membuka ruang, mengubah tampilan, dan menambahkan sedikit kepraktisan. Singkatnya, mereka adalah salah satu alat terbaik di saku belakang pemilik rumah kecil. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/15/094844076/cara-menata-rumah-dengan-cermin-agar-terlihat-lebih-luas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke