Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Microwave Oven Grill, Solo, dan Convection, Apa Perbedaannya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda berpikir bahwa fungsi microwave oven adalah untuk memanggang dan memanaskan makanan saja, mungkin Anda kurang memanfaatkan alat ini dengan optimal dan tidak menyadari kegunaannya.

Dikutip dari Times of India, Kamis (15/9/2022), microwave oven dapat membantu Anda merebus telur dengan sempurna, menghangatkan kembali roti, memanggang kacang dan rempah-rempah, dan lebih banyak lagi.

Jika Anda ingin membeli microwave oven, berbagai model dan opsi dapat membingungkan. Beberapa jenis microwave oven yang dijual di pasaran adalah microwave oven grill, solo, dan convection.

Akan tetapi, apa perbedaan ketiga jenis microwave oven tersebut dan mana yang cocok untuk Anda? Berikut penjelasannya.

1. Microwave oven grill

Microwave oven grill dapat dengan mudah dikenali karena dilengkapi dengan beberapa aksesori pemanggang tambahan. Jenis microwave oven ini paling cocok untuk memanggang daging dan sayuran lunak.

Microwave oven grill ideal untuk Anda yang memiliki 2-6 orang di rumah. Kapasitas idealnya adalah 21 sampai 36 liter.

Microwave oven grill dapat digunakan untuk memasak sederhana, seperti membuat popcorn, memasak nasi atau pasta, atau menyeduh susu, kopi, atau teh.

Microwave oven ini juga dapat memanaskan makanan dan minuman, serta mencairkan makanan.

2. Microwave oven solo

Microwave oven solo adalah model entry-level dalam kategori microwave oven untuk memasak sederhana. Jenis microwave oven ini sangat ideal untuk pemanasan ulang dan memasak sederhana.

Microwave oven solo ideal untuk Anda yang memiliki 2-6 orang di rumah. Jika digunakan untuk 2-4 orang, maka kapasitas idealnya adalah 15-20 liter, sementara untuk 4-6 orang kapasitas idealnya adalah 25-30 liter.

Microwave oven solo adalah jenis microwave oven yang lebih mendasar. Ini bagus untuk pemanasan ulang yang seragam, memasak dan mencairkan bunga es, tetapi tidak bisa memanggang.

Untuk kebutuhan microwave dasar siapa pun, microwave oven soloakan berfungsi, tetapi tidak memiliki fitur khusus. Anda juga hanya dapat menggunakan wadah kaca atau plastik yang aman untuk microwave saat menggunakan microwave oven ini.

3. Microwave oven convection

Microwave oven convection memiliki kipas dan elemen pemanas yang menciptakan pola aliran udara di dalam oven microwave. Ini sangat ideal untuk memanggang.

Microwave oven convection ideal untuk Anda yang memiliki 2-6 orang di rumah. Jika digunakan untuk 2-4 orang, maka kapasitas idealnya adalah 25-30 liter, sementara jika digunakan untuk 4-6 liter kapasitas idealnya adalah 32 liter ke atas.

Microwave oven convection dapat melakukan semua fungsi microwave tunggal, tetapi juga memiliki fitur tambahan. Microwave ini dapat memanggang dan bahkan membuat makanan renyah.

Jika Anda mengandalkan microwave untuk lebih dari sekadar pemanasan ulang sederhana, maka opsi microwave oven convection adalah yang tepat untuk Anda. Namun, model ini cenderung lebih mahal daripada jenis microwave oven lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/15/082100076/microwave-oven-grill-solo-dan-convection-apa-perbedaannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke