Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Cabe di Polybag agar Berbuah Lebat dan Menguntungkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara menanam cabe di polybag agar berbuah lebat bisa dilakukan dengan mudah. Menanam cabai dalam polybag bisa dilakukan di rumah atau area yang lahannya sempit.

Dikutip dari penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (3/9/2022), berikut penjelasan tentang tata cara menanam cabai di polybag.

1. Menyiapkan benih berkualitas

Benih cabai sebenarnya banyak dijumpai dan bisa dibeli di toko pertanian. Namun, pastikan membeli benih yang berkualitas dari varietas unggul. Benih berkualitas ditandai dengan bentuk yang seragam serta tahan terhadap hama dan penyakit.

2. Menyemai benih

Sebelum ditanam di polybag, benih cabai harus disemai terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah menyemai benih cabai, seperti berikut:

3. Menyiapakan media tanam

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam cabai terbuat dari tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, arang sekam, dan lain sebagainya. Beberapa komposisi yang dapat digunakan, antara lain sebagai berikut.

4. Pindah tanam

Setelah persemaian selesai, Anda bisa segera memindahkan bibit tersebut ke polybag yang sudah diisi media tanam. Buat terlebih dahulu lubang tanam kemudian letakan bibit ke lubang tanam tersebut.

Terakhir, tutup lubang tanam sembari dipadatkan agar bibit cabai tumbuh dengan tegak.

5. Pemupukan

Cara menanam cabe di polybag agar berbuah lebat memerlukan pemupukan yang tepat. Pupuk yaang bisa digunakan yaitu satu sendok makan NPK per polybag setiap bulan.

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan pupuk organik cair saat pertumbuhan daun dan buah. Kompos atau pupuk kandang kambing juga bisa diaplikasikan saat cabai akan berbuah.

6. Penyiraman dan pengajiran

Penyiraman cabai diperlukan untuk menjaga kebutuhan air tetap terpenuhi. Penyiraman bisa dilakukan setidaknya tiga hari sekali. Saat cuaca sedang terik, penyiraman disarankan setiap hari.

Pengajiran dilakukan dengan memasang bambu atau kayu disamping tanaman cabai. Tujuannya agar tanaman bisa berdiri tegak.


7. Perempelan

Perempelan atau perompesan dilakukan untuk menghilangkan tunas muda yang tumbuh di bagian ketiak daun. Perawatan tanaman ini biasanya dilakukan pada saat tanaman berumur 20 hari setelah tanam.

Kegiatan ini setidaknya dilakukan tiga kali sampai cabang terbentuk. Tujuan perawatan ini yaitu agar tanaman cabai tidak tumbuh ke atas ketika batang belum kuat menopang.

8. Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian hama dan penyakit bisa dilakukan dengan cara mekanis, biologis, atau kimiawi. Menggabungkan ketiga cara pengendalian tersebut juga dinilai efektif untuk menekan populasi hama dan patogen tanaman.

9. Panen

Cabai bisa dipanen saat buahnya sudah berubah warna menjadi kemerahan. Cara panennya cukup dengan memetik buah cabai tersebut. pastikan memetika di pagi hari saat cuaca cerah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/03/182832876/cara-menanam-cabe-di-polybag-agar-berbuah-lebat-dan-menguntungkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke