Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Warna Cat Netral yang Menambah Nilai Jual Rumah, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna dapat mengatur nada dan suasana hati di berbagai bagian rumah Anda dan juga dapat meningkatkan nilai jual rumah.

"Lapisan cat baru dapat meningkatkan nilai rumah Anda sebesar 5 persen," kata Liz Walton, CEO perusahaan desain interior mewah, Liz Walton Home di Pennsylvania yang dilansir Real Simple, Jumat (19/8/2022).

Ya, mengecat rumah membutuhkan waktu dan uang, tetapi Anda bisa mendapatkan hasil yang signifikan berdasarkan warna yang Anda pilih. Sebagai aturan praktis, warna terang dan netral adalah pilihan yang tepat karena pilihan warna sangat subjektif.

"Gagasan setiap orang tentang apa yang mereka inginkan dan sukai dalam warna, suasana hati, dan energi sangat berbeda," jelas David Bluhm, salah satu pendiriPlunk, sebuah aplikasi yang membantu pemilik rumah meningkatkan ekuitas rumah mereka melalui perbaikan.

Jadi, semakin berani pilihan warna yang Anda buat, semakin Anda berisiko menarik minat pembeli potensial yang lebih kecil.

Warna cat dinding yang Anda pilih untuk bagian luar rumah juga berperan dalam meningkatkan nilai jual rumah.

"Dari perspektif eksterior, warna rumah Anda dapat secara drastis meningkatkan daya tarik trotoar," ungkap Eamon Lynch, direktur layanan garansi di Power Home Remodeling.

Lynch menyarankan warna putih, abu-abu, dan coklat untuk eksterior rumah Anda karena ini adalah yang paling universal dan tak lekang oleh waktu. 

Berikut adalah warna cat netral teratas yang akan meningkatkan rumah Anda dan meningkatkan nilainya.

1. Putih

Bagus untuk: Dapur, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, eksterior

Jika Anda mencari warna yang akan mencerahkan rumah, membuat ruang terlihat dan terasa lebih besar, dan lebih mengundang, Anda tidak bisa salah dengan warna putih.

"Benar-benar hanya ada satu warna yang meningkatkan atau, lebih baik dikatakan, tidak menurunkan nilai rumah Anda, dan itu adalah putih," sebut Anthony Carrino, VP desain di platform pembangunan rumah online Welcome Homes. 

Putih sangat baik untuk dapur. Berpegang teguh pada warna netral seperti putih hangat dapat memungkinkan calon pembeli melihat diri mereka di suatu ruang, sesuatu yang mungkin menghalangi warna berani.

Mengecat rumah Anda dengan warna putih lembut atau netral akan membuat rumah Anda lebih laku di pasar, membantunya tampak lebih besar dan seperti kanvas yang bersih, kata Walton.

2. Krem

Cocok untuk: Dapur, ruang tamu, kamar tidur

Krem adalah netral lain yang menyegarkan ruangan. Marina Vaamonde, investor real estate komersial dan pendiri PropertyCashin mengatakan krem memberi ruangan perasaan yang mengundang dan dapat meningkatkan nilai rumah. 

3. Biru muda

Bagus untuk: Kamar mandi, kamar tidur

Survei Zillow tahun 2021 menemukan bahwa biru muda adalah warna paling populer untuk mengecat kamar mandi dan rata-rata, dapat meningkatkan nilai rumah.


"Kamar mandi adalah area di mana pemilik rumah ingin merasa santai. Warna apa pun yang membantu menumbuhkan perasaan itu secara instan meningkatkan nilai," kata Lynch.

Warna cat biru muda dapat membuat kamar mandi terlihat mengundang, nyaman dan nyaman, tetapi juga lebih luas.

Sekali lagi, biru muda dianggap sebagai warna netral, menarik lebih banyak gaya dan selera.

"Dikatakan sebagai warna yang mudah dijalani dengan warna yang menyampaikan perasaan damai dan tenang," ucap Kate Diaz, salah satu pemilik situs dekorasi rumah dan desain interior, Swanky Den. 

4. Abu-abu dan krem (greige) 

Bagus untuk: Ruang tamu, kamar tidur, eksterior

Abu-abu dan krem adalah warna netral yang sangat baik untuk interior, tetapi jika Anda tidak dapat memutuskan di antara keduanya, greige menawarkan kombinasi yang unggul.

"Greige bisa menjadi alternatif untuk putih dan abu-abu, dan membawa perasaan elegan dan canggih," terang Warner Quiroga, investor real estate dan pemilik Prestige Home Buyers.

Greige tidak hanya akan memberi rumah Anda tampilan yang hangat dan tinggi; itu akan meningkatkan nilainya juga.

"Mengecat ruang tamu Anda dengan warna netral seperti abu-abu, krem, atau coklat muda dapat menambah nilai rumah Anda, yang dapat dimodernisasi dengan aksen putih," kata Bailey Carson, ahli perawatan rumah di Angi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/19/082100176/4-warna-cat-netral-yang-menambah-nilai-jual-rumah-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke