Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membersihkan Furnitur Kayu, Pakai Pasta Gigi hingga Mayones

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak produk yang dijual di pasaran untuk membersihkan dan memoles furnitur kayu. Namun demikian, sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan produk-produk komersial tersebut untuk membersihkan furnitur kayu.

Sebaliknya, Anda dapat menggunakan produk-produk yang kemungkinan sudah ada di dapur dan rumah Anda untuk membersihkan furnitur kayu. Misalnya, Anda dapat menggunakan pasta gigi hingga mayones.

Dikutip dari Lifehacker Australia, Kamis (21/7/2022), jika furnitur kayu Anda cukup baru dan dilengkapi dengan instruksi dari produsen tentang cara membersihkannya, maka ikuti itu.

Selain itu, perlu diingat bahwa banyak furnitur "kayu" modern sering kali terbuat dari kayu laminasi atau veneer, yang mungkin memiliki instruksi perawatan yang berbeda dari kayu solid.

Solusi terbaik adalah menggunakan kain mikrofiber saat membersihkan kayu, karena serat bahan yang kecil mampu menyerap lebih banyak kotoran dan debu daripada jenis kain lainnya. Anda sebaiknya memiliki beberapa lembar kain mikrofiber.

Berikut adalah beberapa cara membersihkan furnitur kayu.

1. Pembersihan ringan dengan sabun cuci piring

Jika Anda membersihkan furnitur kayu yang saat ini digunakan atau dipajang di rumah, seka dengan kain mikrofiber kering, gosok bekas sidik jari atau noda yang ada.

Untuk noda lengket yang membandel, basahi sedikit kain mikrofiber dan gosok perlahan area yang lengket sampai hilang. Jika noda belum hilang, campur sedikit sabun cuci piring dengan air hangat.

Basahi kain mikrofiber, dan ulangi langkah-langkah di atas.

2. Gunakan pasta gigi

Oleskan lapisan tipis pasta gigi non-gel ke noda lingkaran air atau noda lain pada furnitur kayu. Biarkan selama lima menit, tetapi jangan lebih dari itu, agar pasta gigi tidak menodai kayu.

Kemudian, gosok menggunakan kain mikrofiber kering. Berhati-hatilah untuk hanya menggosok noda air, hindari area di sekitarnya sebanyak mungkin.

3. Gunakan mayones

Seperti pasta gigi, mayones juga dapat digunakan untuk membersihkan noda air yang terperangkap pada furnitur kayu. Gunakan jari atau spatula untuk mengoleskan mayones ke noda dengan gerakan melingkar.

Biarkan selama satu jam, lalu periksa area noda untuk melihat apakah sudah hilang. Jika ya, bersihkan mayones dengan satu kain, lalu keringkan dengan kain lainnya.

4. Gunakan semprotan larutan pembersih buatan sendiri

Jika Anda ingin membersihkan furnitur kayu dengan larutan pembersih buatan sendiri, berikut bahan dan alat yang dibutuhkan.

Tuangkan semua bahan ke dalam botol semprot kosong, dan kocok dengan baik. Untuk menggunakannya, cukup semprotkan pada furnitur kayu, dan gunakan kain mikrofiber untuk mengelapnya.

5. Larutan pemoles kayu buatan sendiri

Ingin membersihkan furnitur kayu yang kotor dan membuatnya bersinar? Campurkan minyak zaitun, alkohol terdenaturasi, gum terpentin, dan jus lemon dengan perbandingan yang sama.

Kemudian aplikasikan dengan kain mikrofiber, dan gosok dengan kain mikrofiber kering dan bersih yang berbeda.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/21/210000176/5-cara-membersihkan-furnitur-kayu-pakai-pasta-gigi-hingga-mayones

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke