Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di mana Sebaiknya Kulkas Diletakkan di Dapur? Ini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan peralatan elektronik utama di dalam dapur. Sehingga tak hanya fungsinya saja, namun penempatannya di area ini penting diperhatikan.

Dilansir Ideal Home, Jumat (20/5/2022), karena peralatan elektronik ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam memilih cara menata dapur Anda.

"Dengan memposisikan semua peralatan dalam jarak yang dapat diterapkan satu sama lain memberikan fleksibilitas penuh saat proses memasak," kata Tom Howley, Direktur Desain Tom Howley Kitchens. 

"Posisikan peralatan besar Anda seperti kulkas  di dekat ruang makan di dapur Anda," saran Tom.

Ini memungkinkan keluarga dengan mudah mengakses minuman dan makanan ringan sementara tidak menghalangi area memasak utama.

Pertimbangkan juga kepraktisan sehari-hari. Dan yang terbaik adalah untuk meletakkan kulkas di sebelah atau di seberang ruang kerja kosong, sehingga paling baik ditempatkan di sebelah area di mana Anda menyiapkan makanan untuk tidak membatasi pergerakan ketika sedang membuka pintu kulkas. 

Ashleigh Hanwell, Desainer Senior di Second Nature Kitchens sependapat.

"Saran saya adalah untuk meletakkan kulkas di lokasi yang mudah diakses. Juga dekat dengan ruang permukaan kerja untuk memastikan pembongkaran tas belanja akan cepat dan juga memberikan ruang pengaturan saat mengumpulkan barang-barang untuk mempersiapkan memasak," terang dia. 

Bisakah meletakkan kulkas di sebelah wastafel dapur? 

Sebagian besar ahli tampaknya setuju bahwa selain memberi diri Anda ruang bernapas, tidak ada alasan mengapa kulkas dan wastafel tidak boleh letakkan secara bersamaan.

"Tidak ada batasan untuk menempatkan kulkas di sebelah wastafel," terang Paulina Richardson, Desainer Kreatif di Life Kitchens. 

"Saya akan selalu merekomendasikan untuk memberikan sedikit ruang secara pribadi untuk memungkinkan lingkungan kerja yang lebih baik. Tapi jika kulkas akan diletakkan di sebelah wastafel Anda harus memerhatikan ke mana arah engsel pintu kulkas akan terbuka agar tidak membatasi pergerakan," tutur Answell. 

Namun, beberapa ahli dapur lebih memilih untuk memisahkan area pembersihan dan memasak.

"Tidak ada risiko nyata untuk meletakkan kulkas di sebelah wastafel. Namun itu tidak terlalu praktis atau higienis," ungkap Andy Briggs Desainer Interior di Optiplan Kitchens.

"Secara umum, biasanya orang akan meletakkan mesin pencuci piring atau mesin cuci di sebelah wastafel di dapur sebagai bagian dari area basah, daripada kulkas  karena alasan kebersihan, keamanan, dan pemeliharaan," papar Simon Bodsworth Managing Director Daval Furniture. 

"Ini bukan sesuatu yang saya akan merekomendasikan karena masuk akal untuk menjaga produk pembersih dan mencuci cairan dll jauh dari makanan untuk melindungi kesehatan keluarga Anda," tambahnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/20/074700176/di-mana-sebaiknya-kulkas-diletakkan-di-dapur-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke