Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Ramadan, Ini Tips Membuat Ruang Salat di Rumah Semakin Nyaman

Pada momentum ini, banyak penghuni rumah melakukan kegiatan bersih-bersih hingga menyiapkan ruang salat yang nyaman untuk beribadah.

Jika kamu memiliki ruangan khusus untuk salat di rumah, terdapat beragam cara untuk membuatnya semakin nyaman.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (30/3/2022), berikut ini berbagai tips membuat ruang salat di rumah menjadi tempat yang nyaman.

Adanya sirkulasi udara dan cahaya matahari yang baik membuat ruang salat di rumahmu menjadi tidak lembap dan terasa segar.

Kondisi demikian dapat membuat penghuni rumah beribadah dengan khusyuk dan nyaman.

Kamu bisa membuat desain ruang salat atau musala pada ruang terbuka, seperti dekat dengan taman di rumah jika ada.

Dengan cara seperti ini, kamu dapat membuat ruangan salat terasa sejuk karena angin bisa masuk dari segala penjuru arah.

Atur pencahayaan

Tata cahaya pada ruang salat juga perlu diperhatikan. Agar nyaman, pencahayaan yang di ruang salat harus cukup, tidak perlu berlebihan.

Sediakan alat penyejuk

Jika ruang salat di rumahmu terkesan tertutup atau jauh dari sirkulasi udara langsung, sediakan alat penyejuk untuk menciptakan kenyamanan.

Kamu bisa menyediakan beragam alat penyejuk ruangan, mulai dari kipas angin, air cooler, hingga AC.

Agar lebih nyaman dan juga sehat, kamu juga bisa menyediakan air purifier untuk menjaga kebersihan udara di ruangan salat.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan lantai vinil, sehingga membuat ruang salat di rumahmu terasa semakin dekat dengan alam.

Elemen kayu ini bisa dilapisi dengan sajadah atau karpet. Tapi, lantai vinil yang berkualitas seharusnya sudah cukup membuat nyaman.

Agar ruangan salat bisa rapi dan tertata, sediakan rak khusus atau lemari kecil untuk menyimpan berbagai perlengkapan salat, mulai dari mukena, sarung, sajadah dan lain sebagainya.

Pasang pengharum ruangan


 

Memasang pengharum ruangan di ruang salat adalah hal penting untuk kenyamanan. Gunakan pengharum ruangan dengan aroma yang terasa menyenangkan bagimu dan keluarga.

Menyesuaikan warna dinding

Jika memungkinkan, kamu bisa mengecat ulang dinding di ruangan salat di rumahmu. Sebaiknya pilih warna yang dingin dan menyejukkan mata untuk interior ruang salat.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan warna hijau muda, krem, biru muda, salem dan warna-warna pastel. Jangan menggunakan warna-warna yang terang dan panas.

Jika kamu ingin memadupandankan warna, pilihlah warna yang senada atau netral dan jangan memilih kombinasi warna yang kontras.

Tambahkan aksesori keagamaan

Agar ruang salat di rumahmu tidak tampak begitu kosong, hias dengan beberapa aksesori keagamaan.

Kamu bisa memajang pajangan kaligrafi tulisan bahasa Arab atau foto Ka'bah di dinding ruang shalat. Pajang aksesori keagamaan yang menurutmu sesuai.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/30/180000176/jelang-ramadan-ini-tips-membuat-ruang-salat-di-rumah-semakin-nyaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke