Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Pintu Kulkas agar Tidak Jadi Sarang Kotoran

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan pintu kulkas adalah salah satu kegiatan membersihkan rumah yang perlu rutin dilakukan. Sebab, saat ini sebagian besar kulkas dilapisi stainless steel pada bagian eksteriornya.

Dilansir Home Guides SF Gate, Jumat (25/3/2022), The Riedel Marketing Group menerbitkan laporan HomeTrend Influentials Panel (HIPsters) pada tahun 2006 yang menyatakan bahwa stainless steel adalah pilihan teratas bahan pelapis eksterior kulkas saat itu dan akan tetap demikian untuk beberapa waktu ke depan.

Selain itu, pemilik rumah saat ini banyak memilih kulkas dengan warna-warna cerah serta hitam atau putih. Jadi, pintu kulkas mungkin memiliki lapisan logam atau cat.

Gunakan metode pembersihan yang secara umum tidak berbahaya dan mempertahankan tampilan kulkas.

Berikut cara membersihkan pintu kulkas agar tampilannya tetap prima, bersih, dan tidak menjadi sarang kotoran.

Pertama, buka pintu kulkas sehingga Anda dapat melihat paking atau segel di sekitar tepi luar bingkai. Gunakan alay tumpul atau gagang perkakas plastik untuk mengeluarkan remah-remah dari lipatan di paking dengan hati-hati.

Kerjakan sepenuhnya di sekitar paking, seperti menggambar persegi panjang.

Bungkus kain katun lembut kering di sekitar ujung atau ujung jari Anda. Usap di sekitar paking, termasuk permukaan kontak dan lipatannya.

Lap juga permukaan kontak logam pada rangka kulkas saat pintunya terbuka.

Tambahkan 1 liter air hangat ke dalam ember atau wadah. Rendam dan peras kain bersih lainnya.

Gosok dengan hati-hati sisa makanan dan debu yang terlihat di sekitar paking pintu dan rangka kulkas. Gunakan kain bersih lainnya untuk mengeringkan sisa kelembapan.

Tutup pintu kulkas. Lap permukaan luar pintu dengan kain bersih untuk mengumpulkan debu dan kotoran.

Gunakan sedikit tekanan untuk menghilangkan kotoran yang ada di dalam permukaan lemari es yang bertekstur. Hindari menggunakan terlalu banyak kekuatan sehingga Anda menghilangkan cat, jika memungkinkan.

Seka mekanisme dispenser air dan es jika ada di pintu kulkas Anda, serta gagang pintu kulkas dengan kain bersih. Gosok noda dan noda air yang membandel.

Rendam dan peras kain dalam air hangat di ember. Usap muka pintu kulkas, baik di seluruh permukaan atau di beberapa titik.

Kombinasi panas dan kelembapan pada kain akan membantu melarutkan dan menghilangkan kotoran di permukaan. Lakukan hal yang sama untuk dispenser.

Keringkan permukaan pintu, pegangan dan dispenser dengan kain cuci bersih. Lakukan buffing untuk membantu mengembalikan kilau.

Tambahkan 1 sendok makan deterjen ringan ke dalam ember berisi air jika kotoran membandel atau noda berminyak tertinggal di permukaan pintu, pegangan atau dispenser. Rendam dan aduk kain di dalam air, menyerap busa sabun, kemudian perasaan kain.

Basahi kain bersih di bawah keran. Bersihkan sisa sabun dan kotoran serta minyak terlarut dari paking, rangka lemari es, muka pintu dan dispenser. Gunakan kain kering untuk menyeka sisa kelembapan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/25/142000876/cara-membersihkan-pintu-kulkas-agar-tidak-jadi-sarang-kotoran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke