Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Sulit, Begini Cara Melapisi Wajan Aluminium Sebelum Digunakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahan aluminium banyak digunakan untuk membuat panci atau wajan karena ringan dan tahan lama. Selain itu, panci atau wajan aluminium juga tidak mudah tergores, tidak mudah berkarat, dan cepat dingin setelah digunakan untuk memasak.

Tidak hanya itu, dikutip dari Hunker, Selasa (22/3/2022), selama tidak dilengkapi dengan gagang plastik, panci atau wajan aluminium dapat dipindahkan dari kompor ke oven untuk fleksibilitas yang luar biasa.

Anda dapat memperpanjang masa pakai panci atau wajan aluminium lebih lama lagi dengan perawatan yang tepat. Salah satunya dengan membumbuinya.

Melapisi atau membumbui wajan atau panci adalah proses sederhana yang membantu mencegah makanan menempel di permukaan memasak. Untuk membumbui wajan atau panci baru, Anda cukup melapisinya dengan minyak dan memanaskannya.

Saat dipanaskan, minyak mengisi celah kecil atau ketidaksempurnaan pada logam untuk mencegah makanan menempel di sana.

Aluminium melepaskan makanan dengan baik dengan sendirinya, tetapi membumbui wajan aluminium dapat membuatnya berfungsi seperti wajan berlapis teflon.

Idealnya, Anda harus membumbui wajan aluminium sebelum menggunakannya untuk pertama kali. Jika sudah terlambat untuk itu, pertimbangkan untuk membumbui wajan, terutama jika Anda melihat makanan menempel di wajan.

Membumbui wajan Anda dapat meningkatkan kinerjanya meskipun Anda telah menggunakannya selama beberapa waktu.

Cara membumbui wajan aluminium di atas kompor

Baik kompor gas atau kompor listrik, membumbui wajan baru di atasnya adalah proses sederhana yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Cara ini paling baik dilakukan pada saat cuaca panas yang hangat saat Anda tidak ingin memanaskan oven atau jika peralatan masak memiliki pegangan atau sambungan yang tidak aman untuk oven.

Saat membumbui wajan di atas kompor, pastikan Anda tidak pernah meninggalkannya tanpa pengawasan. Berikut cara membumbui wajan aluminium di atas kompor.

Pertama, cuci wajan dan keringkan secara menyeluruh. Oleskan lapisan minyak sayur di bagian dalam wajan, termasuk bagian pinggirnya.

Letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan api kecil. Untuk menghindari wajan gosong, pastikan Anda menjaga panasnya pada pengaturan sedang atau lebih rendah.

Panaskan minyak sepanas mungkin sebelum mulai berasap. Jika sudah berasap, kecilkan api kompor.

Lanjutkan memanaskan wajan sampai minyak berubah warna menjadi coklat muda dan akhirnya hilang. Ini biasanya memakan waktu sekitar 10 hingga 20 menit.

Biarkan wajan dingin. Jika diperlukan, Anda dapat mengulangi proses membumbui dua kali lagi.

Lap wajan dengan tisu bersih dan simpan sampai Anda menggunakannya lagi untuk memasak.

Cara membumbui wajan aluminium di oven

Seperti membumbui wajan di atas kompor, membumbui wajan aluminium di dalam oven mungkin memerlukan dua atau tiga kali percobaan sebelum Anda mendapatkan tingkat aksi antilengket yang diinginkan.

Prosesnya juga memakan waktu yang hampir sama. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu memperhatikan panci selama proses berlangsung.


Caranya, panaskan oven hingga sekitar 200 derajat celcius. Cuci wajan secara menyeluruh dan keringkan dengan baik.

Lapisi bagian dalam wajan dengan lapisan tipis mentega nabati. Panggang wajan di rak tengah oven selama 15 hingga 20 menit.

Keluarkan wajan panas dari oven dengan hati-hati dan bersihkan sisa minyak dengan handuk bersih.

Biarkan panci mendingin dan angkat. Jika makanan masih menempel saat Anda menggunakan wajan lagi, bumbui lagi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/22/071200176/tidak-sulit-begini-cara-melapisi-wajan-aluminium-sebelum-digunakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke