Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Benda Wajib yang Dibutuhkan di Ruang Tamu Saat Pindah ke Rumah Baru

Namun, ada beberapa item dekorasi dan furnitur penting yang diperlukan secepatnya di rumah baru untuk meningkatkan kenyamanan ruang hidup, khususnya ruang tamu. 

Selain itu, keberadaan benda-benda itu tidak hanya memberi kenyamanan, tapi juga membuat rumah tampak indah, tertata, serta fungsional.

Karena itu, sebelum pindah ke rumah baru, pastikan telah memiliki barang-barang ini. 

Dikutip dari Real Estate, Rabu (10/3/2022), berikut lima benda wajib yang dibutuhkan di ruang tamu saat pindah rumah.  

Padahal, gorden memberikan banyak kegunaan di luar gaya seperti berfungsi mengontrol cahaya, menghalau angin dan cuaca dingin, serta memberikan privasi. 

Pada musim panas, Anda mungkin menginginkan tirai yang lebih ringan dan lebih lapang seperti linen, sedangkan pada musim dingin membutuhkan penutup jendela yang dapat mencegah udara dingin merembes ke dalam ruang tamu. 

Saat memilih warna tirai, jangan lupa warna backing/liningnya. Anda ingin mereka terlihat bagus dari luar rumah serta dari dalam. 

Sofa yang sesuai dengan ruang tamu 

Penataan sofa terbaik akan disesuaikan dengan ruangan. Memilih sofa yang tepat untuk ruang tamu membutuhkan beberapa pertimbangan. 

Untuk ruang tamu kecil, pertimbangkan sofa dua tempat duduk dan satu atau dua kursi berlengan. Gunakan sofa dengan desain ramping serta tidak terlalu besar untuk mengurangi kekacauan.

Jika memiliki ruang tamu lebih besar, Anda pasti ingin mengisinya dengan sofa tiga tempat duduk atau modular yang besar.

Ingat, satu pertanyaan penting yang harus ditanyakan pada diri sendiri ketika pindah ke rumah baru: "Apakah ini akan muat melalui pintu depan rumah".

Jangan lupa melakukan pengukuran, termasuk total lebar, tinggi, dan kedalaman, sebelum membeli sofa baru. 

Bantal sofa memberikan berbagai keuntungan di ruang tamu. Pertama, bantal sofa memberikan dukungan punggung tambahan saat bermalas-malasan di sofa.

Kedua, bantal sofa berguna pada musim dingin, terutama jika sofa terbuat dari kulit atau kain vinil yang cukup sejuk untuk disentuh.

Saat memilih warna bantal sofa, pertama-tama Anda harus mengidentifikasi palet warna. Apakah memilih warna netral atau warna pop? Kemudian, bermain-main dengan ukuran bantal serta tekstur kain. Aksesori kecil ini hanya membuat ruang tamu terlihat lebih baik. 

Ukuran ruangan dan estetika yang diinginkan akan membantu menentukan ukuran meja, bahan, dan bentuk yang tepat. Faktor lain yang turut mempengaruhi adalah gaya hidup.

Misalnya, rumah yang mempunyai anak-anak membutuhkan meja kopi bundar karena tidak memiliki sudut tajam sehingga menjauhkan si kecil dari terbentur. 

Pilih warna netral untuk meja kopi di ruang tamu guna menambah harmoni pada ruangan. Selain itu, pilih warna berani dan kontras untuk membuatnya menjadi bagian pernyataan di dalam ruangan. 

Terlepas dari kombinasi warna yang dipilih, pastikan meja kopi menampung cukup gelas kopi dan teh. 

Pencahayaan suasana hati

Ruang keluarga membutuhkan pencahayaan yang sesuai dengan suasana hati. Kunci untuk memaku pencahayaan di ruang tamu adalah menggunakan lampu. Ada tiga jenis pencahayaan buatan, yakni pencahayaan ambient, task atau tugas, dan aksen.

Pencahayaan ambient bisa meniru cahaya alami pada siang hari, sedangkan pencahayaan tugas biasanya lebih berfokus pada pekerjaan seperti lampu baca.

Lampu aksen – seperti lampu downlight dan lampu sorot – akan menonjolkan fitur desain tertentu untuk menciptakan kebutuhan pencahayaan Anda.

Dengan bermain dengan tiga jenis pencahayaan, Anda akan menciptakan zona nyaman yang sempurna di ruang tamu. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/10/164300776/5-benda-wajib-yang-dibutuhkan-di-ruang-tamu-saat-pindah-ke-rumah-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke