Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Membeli Rumah Pertama? Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

Pasalnya, berbeda dengan benda lainnya, membeli rumah bukan hal mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang, dari dana yang besar, lokasi rumah, luas dan ukuran rumah, hingga tata letak ruangan. 

Untuk itu, sebelum betul-betul membeli rumah, pastikan Anda telah mempelajari dan mempersiapkan semua yang dibutuhkan agar tidak salah mengambil keputusan. 

Dikutip dari New Homes Guide, Selasa (1/3/2022), berikut enam hal yang perlu diperhatikan saat membangun dan membeli rumah pertama. 

Luangkan waktu untuk meneliti wilayah atau daerah yang ingin Anda tinggali dan jenis rumah yang ingin dibangun. Pastikan semuanya seperti yang Anda inginkan. 

Mulai menabung 

Semakin awal menabung, semakin baik bagi keuangan Anda. Pastikan memiliki uang yang dibutuhkan untuk deposit sebelum menjalankan rencana apa pun.

Hal ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi ini adalah awal yang baik jika Anda dapat menghemat 20 persen dari nilai rumah masa depan Anda. Menabung uang yang Anda butuhkan menjadi tujuan yang lebih realistis.

Berbelanja untuk mendapatkan pinjaman

Satu-satunya cara mendapatkan tingkat hipotek atau kredit terbaik adalah melakukan riset dan berbelanja. Mungkin ada perbedaan besar dalam tingkat hipotek dari setiap bank. 

Bahkan jika perbedaannya hanya setengah persen, itu bisa berarti jutaan rupiah dalam jangka panjang. Pastikan memperoleh kredit dengan bunga dan cicilan yang ringan. 

Bersiaplah untuk dana darurat

Membeli rumah baru secara kredit memiliki cicilan yang cukup besar dan ini bisa sangat mengejutkan jika Anda tidak siap. 

Tiba-tiba Anda akan bertemu dengan tagihan yang tidak pernah dipikirkan dan tagihan itu dapat bertambah cepat.

Karena itu, sebaiknya menyimpan sejumlah uang sebagai dana darurat agar tidak benar-benar bingung saat tagihan tak terduga datang. 

Ketika menemukan rumah yang diinginkan, jangan mengabaikan lokasi dan logistik yang dibutuhkan rumah. 

Pastikan Anda mendapatkan pendapat dari kerabat atau teman yang dipercaya tentang desain atau tata letak rumah sebelum pembangunan dimulai. 

Mereka mungkin melihat potensi masalah yang belum Anda perhatikan dan perubahan pada rencana dapat memakan biaya setelah pembangunan dimulai. 

Jangan membeli semua furnitur sekaligus

Terlalu mudah menghabiskan banyak uang untuk melengkapi rumah baru. Ingatlah bahwa ada serangkaian pengeluaran yang mungkin belum pernah Anda tangani sebelumnya.

Cobalah menyusun anggaran sebelum pergi berbelanja perlengkapan rumah. Identifikasi item furnitur yang dibutuhkan segera dan yang bisa menunggu sampai nanti.

Jangan membeli furnitur hanya untuk mengisi ruangan. Berhematlah sampai Anda bisa mendapatkan apa yang benar-benar diinginkan dan tidak ada salahnya membiarkan kamar cadangan kosong untuk sementara waktu.

Selama Anda siap dan mendidik diri sendiri tentang proses membeli dan membangun rumah baru, pengalaman membeli rumah pertama seharusnya bisa menjadi luar biasa. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/01/082900776/ingin-membeli-rumah-pertama-perhatikan-6-hal-ini-dulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke