Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waktu dan Prosedur Membersihkan Gigi Anjing Peliharaan ke Dokter Hewan

Kamu dapat menggosok gigi anjing di rumah atau membersihkannya secara profesional seperti membawa sahabat bulu ke dokter hewan. 

Akan tetapi, perlukah membersihkan gigi anjing secara profesional dan seberapa sering harus membersihkannya ke dokter hewan?

Akan tetapi, anjing yang memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk mengalami penyakit periodontal lanjut harus dibersihkan giginya secara profesional dua kali dalam setahun.

Adapun dua jenis anjing dengan disposisi lebih tinggi akan penyakit tersebut adalah anjing brachycephalic dan dolichocephalic.

Dilansir dari situs resmi Hunt Valley Animal Hospital, brachycephalic merupakan sebutan untuk anjing dengan moncong pendek dan wajah rata seeperti ras anjing Pug, Shih Tzu, dan Bulldog.

Sementara itu, disadur dari Psychology Today, dolichocephalic adalah sebutan untuk anjing yang memiliki struktur tulang kepala memanjang seperti Dachshund, Whippet, dan Greyhound.

Pertama, anjing peliharaan akan melalui anestesi umum, lalu tidak jarang gigi anjing dapat dicabut selama pembersihan. 

Sebab, kata Christman, ada kemungkinan dokter hewan menemukan abses, paparan akar, atau resesi gusi pada mulut anjing.

Sama dengan langkah pembersihan gigi yang dilakukan dokter gigi, dokter hewan juga akan membuat bagan gigi, scaling, pemolesan, radiografi gigi, dan langkah lain untuk menyempurnakan kesehatan gigi anjing. 

“Karena selalu di bawah anestesi umum, saya selalu mengatakan kepada pemiliknya kalau hewan peliharaan mereka mungkin akan merasa grogi karenanya selama satu atau dua hari,” pungkas Christman.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/28/150500676/waktu-dan-prosedur-membersihkan-gigi-anjing-peliharaan-ke-dokter-hewan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke