Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tirai, Apa Saja?

Mengutip dari Brightside, Kamis (6/1/2022), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tirai seperti berikut ini. 

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli tirai adalah ukuran tirai, entah itu panjang atau pendek. Hal ini tergantung pada bentuk jendela serta ukuran dan ketinggian ruang.

Desainer Suysel dePedro Cunningham menuturkan, sebelum mengukur dan memutuskan panjang tirai yang akan dibeli, tentukan titik untuk menggantungnya. 

Misalnya, titik gantung di atas bingkai jendela akan membuat ruangan terasa lebih tinggi serta mencegah tirai menyentuh lantai yang dapat membuat kotor.

Ketika mengukur lebar jendela, tambahkan 10-20 sentimete pada kedua sisi. Adapun ukuran ekstra itu akan membantu menghalangi cahaya masuk ke ruangan.

Gaya

Untuk menentukan ukuran tirai, kamu perlu mempertimbangkan gaya yang ingin ditampilkan ruangan. Jika ingin ruangan bernuansa modern, pilihlah tirai pendek dan tambahkan penutup jendela (blinds). 

Sementara, untuk gaya klasik, tirai panjang adalah pilihan tepat karena tipe ini menambahkan sentuhan elegan pada ruangan.

Tirai dapat dicuci menggunakan mesin cuci, dengan tangan, atau dry cleaning.

Mengutip Live Science, dry cleaning adalah proses mencuci menggunakan cairan selain air untuk membersihkan pakaian, seprai, atau kain jenis lainnya.

Pencucian secara dry clean umumnya menggunakan cairan kimia khusus yang dapat membersihkan dan menghilangkan kotoran.

Proses mencuci tirai paling cepat adalah menggunakan mesin cuci. Namun, kamu perlu hati-hati karena lapisan dan jahitan tirai dapat menyusut. 

Amannya, pilih dry cleaning atau mencuci dengan tangan. Jika dicuci secara manual, gunakan air hangat atau dingin yang telah dicampur detergen cair dengan kekuatan ringan.

Fungsi 

Penambahan privasi pada ruangan dapat dilakukan dengan memilih tirai berwarna gelap atau solid. Tirai tak tembus pandang atau legap (opaque) juga dapat membantu mengurangi cahaya dari luar.

Apabila ingin ruangan sejuk dengan banyak cahaya alami, pilih tirai berkain tipis seperti vitrase.

Menurut The Spruce, accent color adalah istilah untuk mendefinisikan warna yang digunakan dalam sebuah ruangan demi menekankan skema warna.

Biasanya, warna-warna yang digunakan adalah warna berani atau cerah dan digunakan dengan cara disebar di dalam ruangan untuk menciptakan sebuah ritme.

Accent color dapat ditemukan pada furnitur atau dekorasi dalam ruangan seperti kursi, karpet, dan lukisan yang sama-sama berwarna biru atau kuning.

Saat hendak membeli tirai, sesuaikan warnanya dengan accent color yang sudah ada di dalam ruangan tirai akan dipasang.

Pilihan lainnya, pilih warna yang sesuai dengan nuansa ruangan. Misalnya, ruangan bernuansa dingin yang mencakup warna biru, hijau, atau ungu yang memberi kesan tenang. 

Perhatikan pola

Jika ruangan memiliki pola berani, pilih tirai polos. Sementara, untuk ruangan polos, pilih tirai berpola atau bermotif demi membuat ruangan terasa tak tidak monoton. 

Jangan lupakan aksesori

Selain tirai, jangan lupa membeli aksesoris pelengkapnya seperti tali untuk mengikat tirai saat sedang dibuka.

Pilih tali yang terlihat menarik untuk menambah lebih banyak warna sembari mempercantik ruangan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/06/215300076/7-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-membeli-tirai-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke