Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Memanfaatkan Dinding Kosong di Dapur untuk Ruang Penyimpanan

Misalnya, semua peralatan makan ditaruh di satu lemari kabinet khusus, sementara makanan ringan di lemari kabinet lainnya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa lambat laun dapur dapat kekurangan ruang penyimpanan. 

Melansir Epicurious, Selasa (4/1/2022), ada salah satu cara memaksimalkan ruang penyimpanan di dapur, yakni memanfaatkan dinding.

Sayangnya, Lindsey Mather dari Clever mengatakan, masih ada orang-orang yang ragu memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan karena takut merusak visual dapur.

“Namun, itu (tempat penyimpanan di dinding) bisa menjadi indah jika dilakukan dengan benar. Rak terbuka memaksamu untuk menjadi lebih terorganisir,” ujarnya.

Selanjutnya, memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan juga akan memangkas waktu saat di dapur, terlebih jika posisinya mudah dijangkau dengan tangan.

“Kamu akan memangkas waktu yang digunakan untuk mencari barang di laci yang mungkin sangat tidak terorganisir,” ucapnya. 

Berikut tips memanfaatkan dinding kosong di dapur menjadi ruang penyimpanan. 

Papan pasak (pegboard)

Menurut Mather, papan pasak sangat murah dan mudah didapat di toko perkakas. Papan juga bisa dicat dengan warna yang sama dengan dinding jika tidak ingin terlalu menonjol.

Papan pasak dapat digunakan untuk menggantung apa saja yang sering dipakai pada pengaitnya. Jika ingin menggantung serbet, kain mikrofiber, dan sebagainya, pasang batang kecil pada papan pasak.

Rak panci gantung dapat dimanfaatkan untuk menaruh wajan besi (cast-iron skillet), wajan anti-lengket, dan peralatan memasak stainless steel lainnya.

Tempat penyimpanan ini juga dapat diakses saat kamu hendak memasak dan ingin mengeringkan peralatan masak usai dipakai.

Meski efektif, jangan gantung seluruh peralatan masak di rak panci gantung. Manfaatkan hanya untuk barang-barang yang penting agar mudah mengambilnya saat memasak. 

Magnet pisau

Magnet pisau adalah benda lain yang dapat menghemat ruang. Namun, pakailah hanya untuk tiga pisau yang paling penting seperti pisau koki, pisau pengupas, dan pisau bergerigi.

Taruh magnet pisau pada dinding dekat tempat yang kerap digunakan untuk mempersiapkan bahan makanan.

Gantungan gelas stemware

Jika kamu punya gelas stemware, juga dikenal dengan gelas untuk menikmati anggur merah, pasang gantungan stemware di bawah kabinet. Hal ini dapat menghemat ruang dalam kabinet, dan lebih mudah mengambil gelas. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa rak cuci piring memakan sebagian besar ruang pada meja. Untuk itu, gantunglah rak cuci piring.

Kamu tidak perlu khawatir akan tetesan air dari peralatan makan yang dikeringkan di rak cuci piring gantung. Biasanya, rak seperti itu sudah dilengkapi dengan wadah pada bagian bawahnya.

Rak gantung magnet

Mather menjelaskan, rak gantung magnet dapat ditempel pada kulkas. Biasanya, rak seperti ini memiliki beberapa rak penyimpanan.

“Rak memiliki pengait pada bagian bawahnya untuk gunting, pembuka botol, atau apa pun yang dibutuhkan,” tuturnya.

Rak gantung di pintu

Selain dinding dan kulkas, pintu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan dengan menggantung rak yang umumnya digantung di kamar mandi.

“Tempat penyimpanan ini untuk kamar mandi, tapi sempurna menyimpan rempah-rempah, minyak zaitun, atau benda kecil lainnya yang dapat disimpan di rak sempit,” ungkap Mather. 

Rak terbuka

Jika ingin menambahkan keindahan visual pada dapur, gunakan rak terbuka yang pada tepiannya memiliki pembatas kecil demi mencegah benda yang disimpan seperti minyak atau mug terjatuh. 

Benda lain yang dapat ditaruh di rak terbuka adalah keramik atau rempah-rempah dalam botol yang serasi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/04/202000876/8-tips-memanfaatkan-dinding-kosong-di-dapur-untuk-ruang-penyimpanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke