Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Menggunakan Kulit Pisang untuk Menyuburkan Tanaman

JAKARTA, KOMPAS.com- Taman yang terpelihara dengan baik adalah aset yang sangat berharga. Menghabiskan berjam-jam di kebun dan merawat tanaman juga secara tak langsung membuat hati senang dan pikiran jadi tenang.

Ketika Anda memiliki taman yang indah, Anda akan merasa lebih bahagia. Anda dapat bermeditasi, membaca buku, atau mengobrol dari hati ke hati dengan teman-teman terbaik Anda.

Namun, untuk menciptakan taman yang indah ini tentu butuh usaha yang tak mudah. Mulai pemupukkan, penyiraman, hingga perawatan, sebaiknya dilakukan dengan baik dan tepat.

Salah satu bahan alami yang baik digunakan sebagai penyubur tanaman iala kulit pisang. Pisang adalah sumber potasium & fosfor.

Kulitnya juga mengandung unsur yang sama yang bekerja sangat baik untuk tanaman. Kulit ini benar-benar terurai dengan cepat dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk tanaman.

Melansir dari Ferns N Petals pada Rabu (10/11/2021) berikut ini cara menggunakan kulit pisang untuk menyuburkan tanaman.

Potong lalu tambahkan

Setelah Anda dan anggota keluarga Anda selesai makan pisang, kumpulkan kulitnya. Lalu, potong menjadi beberapa inci dan kubur kulit pisang sedalam 4 inci di dalam tanah.

Pastikan Anda menambahkan kulit pisang ini sebelum meletakkan tanaman di atas media tanah.

Saat kulit pisang terurai pada waktunya, vitamin akan mencapai akar dan meningkatkan kesehatan tanaman Anda.

Teh dari kulit pisang

Anda dapat menggunakan kulit pisang untuk membuat teh dan ini akan menjadi pupuk yang bagus untuk tanaman Anda.

Tanaman Anda akan menerima mineral utama dari teh ini. Anda hanya perlu mengisi toples dengan air dan menambahkan kulit pisang.

Lalu, diamkan selama 48 jam. Setelah itu, buang kulitnya dan tuangkan cairan ke dalam botol semprot.

Kini Anda dapat menyemprotkan daun dengan campuran ini dan juga mencampurnya dengan air biasa sambil menyirami tanaman Anda.

Menambahkan kulit pisang ke dalam kompos akan memperkaya kompos Anda. Jadi, ketika Anda akan membuat bedengan atau ketika tanaman mulai berbunga, Anda bisa menambahkan kompos yang diperkaya dengan pisang ini.

Tanah kebun Anda akan mendapatkan beberapa nutrisi tambahan dan hasilnya akan terlihat setelah tanaman berbunga atau berbuah.

Pupuk kulit pisang kering

Anda bisa mengeringkan kulit pisang lalu menggilingnya menjadi pupuk bubuk. Ini akan sangat efektif bila Anda memiliki lebih sedikit kulit pisang dan Anda ingin menggunakannya secara efektif pada banyak tanaman. Setelah Anda menggilingnya, kemudian, taburkan pupuk bubuk ke seluruh kebun Anda.

Kulit pisang dan cangkang telur

Selain dijadikan teh dan digiling, dengan menambahkan campuran cangkang telur maka akan menciptakan pupuk yang baik dan lengkap nutrisinya untuk tanaman.

Kulit telur akan memberikan dorongan kalsium dan garam Epsom akan meningkatkan magnesium.

Gunakan 4 kulit pisang, 1 sdm garam epsom dan 3 cangkang telur serta botol semprot kosong.

Pertama, keringkan kulit pisang, lalu masukkan ke dalam blender bersama kulit telur untuk membuat bubuk halus.

Sekarang tambahkan garam Epsom ke dalam campuran ini. Gunakan botol semprot 32 ons dan isi campuran di dalamnya diikuti dengan air.

Berikan campuran yang sangat bagus sampai bahan kering larut sepenuhnya. Gunakan pupuk yang luar biasa ini pada tanaman hias atau tanaman kebun Anda.

Namun jangan menyemprotkan langsung ke tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung. Semprotkan ke tanah di sekitar tanaman.

Perangkap serangga

Kulit pisang dan cuka sari apel dapat digunakan bersama untuk menghentikan serangga mengganggu tanaman Anda di kebun.

Ini adalah cara ramah lingkungan untuk memerangi lalat dan serangga. Anda harus menggunakan kulit pisang dalam potongan-potongan kecil dan mencelupkannya ke dalam cuka sari apel dan mengocok campuran dengan benar untuk melepaskan aromanya.

Buat lubang di wadah plastik agar serangga dan serangga bisa masuk dan terjebak. Sekarang tuangkan campuran kulit pisang dan cuka ini ke dalam wadah ini dan letakkan di luar kebun Anda untuk mengusir serangga.

Tapi, ini adalah fenomena alam dan dengan demikian tidak akan menyelesaikan masalah serangga 100%. Namun setidaknya berbahagialah karena tidak akan ada semprotan kimia berbahaya di kebun Anda!

Untuk tanaman gantung

Saat Anda memasang tanaman hias udara, Anda bisa mengatur kulit pisang di pangkalnya. Anda harus menutupi dasar tanaman udara dengan beberapa mulsa atau lumut untuk menyembunyikannya dan memasang seluruh tanaman di atasnya.

Kulit pisang yang efektif ini pada akhirnya akan terurai dan memberikan nutrisi bagi tanaman gantung.

 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/10/194500376/7-cara-menggunakan-kulit-pisang-untuk-menyuburkan-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke