Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaca Jendela Bernoda Selama Musim Hujan? Bersihkan dengan Bahan Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama musim hujan, air biasanya menodai kaca jendela. Kombinasi residu yang tertinggal di rintik hujan dan debu yang menumpuk di kaca jendela menyebabkan munculnya noda yang sulit dihilangkan.

Jadi, air hujan adalah masalah, bukan solusi alami untuk membersihkan kaca jendela.

Dilansir dari Decor Tips, Senin (8/11/2021) ditambah lagi kesulitan dalam menghilangkan noda ketika kita membiarkan kotoran terus menumpuk.

Tips membersihkan noda air hujan di kaca jendela

Membersihkan kaca jendela adalah tugas yang sederhana, tetapi membutuhkan perhatian Anda untuk mencapai hasil yang baik.

Sebelum berbicara tentang pengobatan rumahan untuk menghilangkan noda air hujan di kaca jendela, berikut beberapa tips lain untuk membersihkan kaca jendela. 

1. Pilih hari yang baik untuk membersihkan

Sangat ideal untuk membersihkan jendela Anda pada hari berawan, tetapi tanpa hujan. Jadi, Anda dapat membersihkan dengan ketenangan pikiran.

2. Pembersihan zigzag

Ikuti pola ini untuk mengaplikasikan produk pembersih. Juga, lakukan dengan arah yang berlawanan di dalam dan di luar.

3. Air sabun dan spons

Gunakan bahan-bahan ini untuk pembersihan pertama saat kaca jendela sangat kotor. Setelah pembersihan umum, Anda akan menemukan noda yang harus Anda fokuskan.


Bahan di dapur yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda air hujan di kaca jendela

Jika ini hari yang sempurna untuk membersihkan kaca jendela, bersihkan kotoran berlebih dan latih teknik zigzag, maka hanya ada satu langkah lagi yang harus dilakukan.

Saatnya untuk memilih bahan-bahan yang ada di dapur untuk membantu Anda menghilangkan noda air di kaca jendela. Anda dapat memilih salah satu dari berikut ini.

1. Cuka putih

Cuka putih memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan antijamur yang menjadikannya produk yang sangat diperlukan di rumah.

Untuk menggunakannya di jendela, Anda hanya perlu mengencerkan sebagian cuka ke dalam air yang sama. Jika Anda akan menggunakan setengah liter bahan pembersih rumahan ini, setengahnya harus cuka dan setengah lainnya air.

Masukkan sedikit campuran ke dalam botol semprot yang akan Anda gunakan di kaca jendela. Selanjutnya, ambil kain mikrofiber dan mulailah membersihkan secara zigzag.

Sebelum cuka mengering, gunakan kain bersih dan kering untuk menyelesaikan pembersihan.

2. Lemon

Lemon memiliki sifat yang mirip dengan cuka putih, sehingga sangat baik untuk membersihkan noda air di jendela, kaca, dan cermin.

Masukkan air lemon ke dalam botol semprot dan tambahkan perasan dari beberapa lemon. Semprotkan pada kaca dan gunakan kain untuk membersihkan dengan pola zigzag.

Ini juga merupakan pilihan untuk menggunakan perasan lemon dengan cuka dan air.


Tindakan pembersihan akan lebih besar dan lemon dapat menyembunyikan bau cuka yang mungkin agak tidak menyenangkan.

3. Soda kue

Produk unggulan lainnya untuk membersihkan di rumah adalah soda kue. Untuk menghilangkan noda air di jendela Anda, Anda perlu mencampurkan sedikit soda kue ke dalam air untuk membentuk semacam pasta.

Gunakan kain mikrofiber untuk mengoleskan pasta ke kaca.

4. Tepung jagung

Tepung jagung tidak hanya digunakan untuk mengentalkan saus atau sup.

Hebatnya, ini juga berfungsi untuk membersihkan jendela Anda. Untuk melakukan ini, campurkan tiga sendok makan bubuk dalam satu setengah liter air.

Kemudian gunakan kain atau spons untuk membersihkan jendela secara zigzag. Biarkan larutan bekerja selama beberapa menit dan ketika mulai mengering, gunakan kain bersih yang lembap untuk menghilangkan sisa pati.

Anda akan melihat bagaimana jendela Anda bersinar tanpa noda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/08/104200576/kaca-jendela-bernoda-selama-musim-hujan-bersihkan-dengan-bahan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke