Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Inspirasi Ruang Baca untuk Anak dan Keluarga

JAKARTA, KOMPAS.com- Membaca merupakan salah satu kegiatan terbaik untuk melatih tumbuh kembang motorik dan kreativitas anak.

Nah, tentunya belajar membaca akan jadi kegiatan yang menyenangkan ketika ada ruang membaca khusus yang sesuai dengan karakter si anak.

Apakah Anda berencana membuat ruang baca anak di rumah? Melansir dari The Spurce pada Kamis (04/11/2021) berikut 5 inspirasi ruang baca untuk anak dan keluarga.

Kloset sebagai ruang baca yang seru

Jika tak memiliki ruang yang luas untuk ruang baca, Anda bisa menggunakan ruangan sebesar kloset untuk menciptakan suasana ala 'club house' yang seru untuk Anda dan si kecil.

Tata buku dengan cara meninggi lalu gunakan warna-warna cerah dan pencahayaan yang bagus agar tidak mengganggu penglihatan.

Ruang baca ala rumah pohon

Anak kecil mana yang tidak memimpikan memiliki rumah pohon? Ruang baca yang sangat imajinatif ini membawa petualangan di dalam ruangan.

Dalam contoh ini, rumah pohon membaca menempati ujung lorong sempit yang kebetulan memiliki jendela, tetapi ide yang sama dapat disesuaikan dengan ruangan mana pun.

Konstruksinya melibatkan pembangunan area lantai loft yang dibatasi oleh dinding buatan dan dilengkapi dengan tangga.

Rak rel di sepanjang dinding yang mengarah ke rumah pohon memungkinkan penjelajahan yang mudah.

Ruang baca dengan pemandangan indah

Shirley, seorang guru, blogger, dan ibu tiga anak yang sibuk, biasa melihat ruang kecil yang nyaman di kantornya sebagai ruang yang terbuang, tetapi berkat kreativitasnya, ia bisa mengubah ruang tak terpakai itu jadi ruang baca yang bermanfaat. Poin plusnya, ruangan ini memiliki pemandangan yang indah.

Ruang loteng yang dikonversi

Tempat persembunyian kecil ini, yang dibuat oleh Chaunie dari Tiny Blue Lines, dimulai sebagai ruang penyimpanan/loteng yang digunakan untuk gudang. Setelah sedikit menata ulang, Chaunie dan suaminya memutuskan untuk mengubah ruang tersebut menjadi ruang baca untuk anak-anaknya.

Pojok baca palet kayu

Tak apa jika tidak memiliki ruang berlebih atau tinggal di rumah mungil. Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan sebagai ruang baca yang estetik.

Tambahkan kursi segitiga dari palet kayu dan dilapisi dengan kasur untuk kenyamanan ekstra. Kini ruang baca anak siap digunakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/04/210000776/5-inspirasi-ruang-baca-untuk-anak-dan-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke