Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terjawab, Ini 3 Alasan Kucing Takut Air

Dilansir dari Dailypaws, Rabu (21/7/2021), ada tiga kemungkinan mengapa kucing sangat membenci air. Apa saja? Berikut ini tiga alasan kucing tidak menyukai air. 

Genetika 

Nenek moyang kucing merupakan kucing liar yang tumbuh di habitat kering seperti sabana. Kucing bukan tipe hewan yang merasa santai saat mandi di kolam atau lubang air yang sejuk karena area perairan terbuka sering kali penuh dengan bahaya seperti ular serta buaya.

Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa kucing lebih suka berjemur di bawah sinar matahari, tidur siang di tempat yang nyaman, dan menghindari air yang dalam dan dingin. 

Merusak bulu 

Perawatan bulu merupakan hal sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik kucing. Perawatan tidak hanya menghilangkan kekusutan di bulunya, tetapi juga menjaga bulu kucing tetap berkilau.  

Selain itu, perawatan juga memberikan kesempatan bagi kucing untuk memeriksa kutu, parasit jahat atau kondisi kulit, dan membantu kucing mengatur suhu tubuh.

Namun, ketika kucing dibasahi dengan air, apalagi dengan kejutan, akan mengacaukan perawatan, membuat kucing merasa tidak terawat, dan tidak nyaman secara fisik. 

Berbau aneh 

Indra penciuman kucing sangat kuat dan itu penting untuk hidupnya. Kucing memiliki hidung yang sangat sensitif sehingga lebih baik dalam membedakan bau daripada hidung anjing.

Air yang masuk melalui keran rumah kita mengandung cukup banyak bahan kimia dan air yang telah disimpan dalam wadah untuk waktu yang lama juga mengeluarkan bau baru.

Semua bau ini dapat dideteksi kucing. Akibatnya, kucing tidak ingin air yang menurutnya aneh dan bau itu mengubah bulunya yang indah. Hal itulah menjadi alasan kucing tidak menyukai air atau kucing takut air. 

Bagaimana memandikan kucing yang takut air? 

Hal pertama memandikan kucing adalah jangan pernah memaksa kucing masuk ke bak mandi. Sebagai gantinya, coba gunakan sedikit air yang dituangkan ke mangkuk atau wastafel dan lihat apakah kucing berminat pada mainan tersebut. 

Kemudian, saat kucing bermain di air, Anda dapat memberinya camilan favorit, lalu memandikannya secara perlahan.

Namun, jikan kucing tidak menyukai air dalam jumlah berapa pun, Anda bisa membasahi bulunya dengan merendam waslap di mangkuk dan menggosoknya dengan lembut.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/21/172500876/terjawab-ini-3-alasan-kucing-takut-air-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke