Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Benda yang Tidak Boleh Dibuang ke Kloset

Namun, tak jarang banyak orang yang tidak displin dengan membuang sejumlah benda ke kloset sehingga menyebabkan kloset mampet.

Padahal, cara terbaik meningkatkan umur kloset adalah menghindari atau membuang benda atau sampah ke dalam kloset.

Melansir dari laman Reader’s Digest, Kamis (15/7/2021), berikut ini benda yang tidak boleh dibuang ke kloset. 

Benda yang terbuat dari kapas

Ini termasuk penyeka kapas, bola kapas, dan produk berbahan kapas lainnya. Kapas sangat baik dalam menyerap air, tetapi tidak mudah rusak. Kombinasi ini sangat buruk untuk pipa ledeng.

Benda berbahan plastik

Selain berbahan kapas, benda berbahan plastik juga tidak boleh dibuang ke kloset. Plastik tidak larut dan dapat menyebabkan banyak masalah pada saluran pipa. 

Pembalut dan pamper

Benda yang tidak boleh dibuang ke kloset selanjutnya adalah pembalut dan pamper. Meski toilet sering kali merupakan pilihan praktis untuk menyingkirkan pembalut dan pamper, tetapi ini adalah ide buruk.

Pembalut dan pamper dapat dengan mudah membuat saluran pipa tersumbat. 

Benang gigi

Benda-benda kecil seperti benang gigi dapat menyebabkan masalah pada kloset. Benang gigi berserabut, tidak larut, dan dapat mengikat benda lain untuk membentuk serabut yang lebih besar. 

Permen karet

Air tidak bisa melakukan apa pun untuk menghilangkan permen karet sehingga cenderung menempel. Tentu Anda tidak ingin permen karet berada di dalam pipa. Untuk itu, hindari membuang permen karet ke kloset.

Rambut

Rambut sering dianggap tidak akan membahayakan kloset. Padahal, rambut dapat membuat toilet mampet. Hindari membuang rambut ke kloset. 

Obat

Obat juga menjadi salah satu benda yang tidak boleh dibuang ke kloset. Sebab, bahan kimia dalam obat akan masuk ke sistem saluran pembuangan, bahkan air tanah, sehingga menyebabkan kerusakan yang tak terhitung.

Selain itu, hindari juga membuangnya ke wastafel. Bila memiliki obat yang sudah kedaluwarsa, hancurkan obat hingga halus dan buang ke tempat sampah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/15/160000376/7-benda-yang-tidak-boleh-dibuang-ke-kloset-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke