Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan, Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Meletakkan Kulkas

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi alat elektronik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsinya untuk menyimpan berbagai bahan makanan agar tetap awet, membuat alat elektronik ini dimiliki banyak orang. Karena fungsinya ini juga, kulkas harus diletakkan di tempat yang paling tepat agar mudah saat ingin mengambil berbagai bahan makanan tersebut.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (1/7/2021), daripada hanya menggeser kulkas ke ruang yang tersedia, beberapa perencanaan dan persiapan harus dilakukan sebelum meletakkan alat elektronik ini.

Dengan cara ini juga, Anda bisa mendapatkan tempat yang terbaik untuk kulkas itu. Berikut cara untuk meletakkan kulkas di area dapur agar tidak menganggu aktifitas memasak setiap hari.

1. Lokasi

Desain dapur tradisional menggunakan tata letak segitiga kerja, dengan kompor, wastafel, dan kulkas terletak di setiap titik segitiga. Ini memberikan akses mudah ke setiap alat atau perlengkapan dan meningkatkan alur kerja.

Jika ruang memungkinkan, pilih area yang menempatkan kulkas Anda ke dalam desain segitiga. Ruang juga harus rata dan menyediakan lantai yang cukup kuat untuk menopang beban.

2. Jarak

Kelonggaran untuk pengoperasian pintu kulkas dan laci harus dipertimbangkan saat memilih tempat untuk kulkas Anda.

Berikan jarak yang cukup antara dinding dan bagian belakang kulkas untuk sirkulasi udara yang memadai guna memberikan pendinginan bagi sistem pendingin.

Spesifikasi dan detail tentang jarak bebas yang direkomendasikan umumnya disertakan dalam manual atau buku panduan kulkas tersebut.

3. Listrik

Saat meletakkan kulkas, pertimbangkan kesediaan stop kontak atau listrik. Hindari meletakkan kulkas jauh dari stop kontak. Selain menyulitkan, hal ini akan memberikan tampilan yang buruk pada area dapur Anda.

Jika memungkinkan, stopkontak ini harus berada pada sirkuit terpisah dari alat elektronik lainnya. Hal ini untuk mencegah pemadaman listrik jika peralatan lain tidak berfungsi.


4. Permukaan rata

Letakkan kulkas di permukaan lantai yang rata. Meletakkan kulkas di permukaan rata juga dapat mencegah kerusakaan pada pintu kulkas.

Jika permukaan tidak rata, kulkas akan miring ke satu arah dan membuat pintu kulkas tidak tertutup rapat. Akhirnya akan membuat pintu kulkas mengalami kerusakan dan makanan yang di dalamnya pun tidak dingin dengan sempurna.

5. Keamanan

Kulkas bisa menjadi alat yang sangat berat dan rentan terhadap tip-over. Hal ini terutama berlaku untuk lokasi di mana gempa bumi sering terjadi. Kulkas built-in tidak rentan terbalik, karena stabilitas tambahan dari enklosur.

Untuk kulkas yang berdiri bebas, penahan ke dinding atau lantai menambah stabilitas dan mengurangi bahaya kulkas terbalik.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/01/160000376/perhatikan-ini-hal-yang-harus-dipertimbangkan-saat-meletakkan-kulkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke