Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Bahan yang Ampuh Bersihkan Noda Tinta dari Benda Berbahan Kulit

Meski mudah dibersihkan dari debu dan kotoran, material kulit sulit dibersihkan dari noda tinta. Bisa dikatakan noda tinta adalah musuh besar bagi barang-barang berbahan kulit. 

Karena itu, saat barang-barang berbahan kulit terpapar noda tinta seperti pulpen atau spidol yang bocor, kamu harus bertindak cepat untuk mencegah perubahan warna yang bertahan lama.

Namun, tak perlu khawatir ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda tinta dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. 

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (20/5/2021), berikut ini enam bahan yang ampuh menghilangkan noda tinta dari benda berbahan kulit.

Sabun Pencuci Piring

Tak hanya berguna membersihkan piring, sabun pencuci piring juga dapat digunakan untuk membersihkan noda tinta di benda berbahan kulit. 

Oleskan beberapa tetes sabun pencuci piring ke kain lap putih, lalu gosokan pada noda tinta. Hindari memakai kain lap berwarna karena dikhawatirkan dapat memindahkan pewarna ke kulit.

Selain itu, jangan pernah menggunakan produk pembersih berbahan dasar pelarut yang keras untuk menggosok noda karena dapat memperparah kerusakan. 

Alkohol gosok

Jika menyeka dengan sabun cair kurang atau tidak efektif, coba menggunakan alkohol isopropil atau dikenal sebagai alkohol gosok.

Celupkan kapas pentol atau kain putih ke dalam alkohol isopropil dan oleskan perlahan pada noda tinta. Gosok secara hati-hati agar tinta tidak menyebar. 

Setelah itu, oleskan pelembap bahan kulit (leather moisturizer) ke bekas area noda untuk mengembalikan kelembapannya. Pelembap bahan kulit bisa ditemukan di toko online maupun toko peralatan rumah tangga.

Hairspray

Selain untuk rambut, hairspray juga dapat membersihkan noda tinta pada benda berbahan kulit. Semprotkan sedikit hairspray berbahan dasar alkohol ke cotton bud atau kain putih, tunggu beberapa detik, dan bersihkan noda dengan hati-hati. 

Penghilang cat kuku

Cara berikutnya yang bisa dicoba di rumah adalah menggunakan penghapus cat kuku. Pastikan itu berbahan dasar aseton.

Oleskan lapisan penghilang cat kuku di atas noda tinta. Biarkan penghilang cat kuku meresap hingga 24 jam sebelum menyeka area yang terkena noda dengan kain putih. 

Perasan Lemon 

Perasaan air lemon efektif dan aman digunakan pada bahan kulit yang bukan berwarna putih. Namun, pastikan untuk menguji campuran tersebut pada area kecil terlebih dahulu. 

Untuk membuat pembersih buatan ini, siapkan perasaan air lemon dan krim tartar. Caranya, campur 50 mililiter air perasan lemon dan krim tartar secukupnya untuk menjadi pasta. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke noda tinta menggunakan kain mikrofiber. 

Oleskan pasta ke noda dan diamkan selama beberapa jam jika noda tetap ada. Setelah itu, bersihkan area noda dengan kain lembap dan lapisi dengan pelembap bahan kulit.

Cuka dan Minyak Zaitun 

Bahan kulit berwarna putih lebih sensitif dan sulit dihilangkan bila terkena noda tinta. Menggunakan campuran bahan alami seperti cuka dan minyak zaitun dapat menghilangkan noda tinta. 

Caranya, campurkan seperempat cangkir cuka dan setengah cangkir minyak zaitun ke dalam botol semprot. Aduk hingga tercampur, lalu semprotkan pada area yang terkena noda tinta dan diamkan selama lima menit atau lebih sebelum menyekanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/20/080000376/6-bahan-yang-ampuh-bersihkan-noda-tinta-dari-benda-berbahan-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke