Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Kamu Perlu Mengganti Gorden di Rumah?

Terlepas dari ukurannya, gorden atau tirai memainkan peran besar dalam menyatukan sebuah ruangan di rumah mana pun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seringkali gorden memberikan sentuhan akhir pada dekorasi interior dan menciptakan fitur jendela yang menarik, selaras dengan tema ruangan, serta secara cerdik menyatu dengan furnitur rumah.

Dengan mengingat hal itu, penting agar membuat setiap gorden di rumahmu tetap terlihat bersih dan dalam kondisi baik untuk daya tarik maksimal.

Meskipun gorden yang kamu gunakan kerap kamu bersihkan, pada akhirnya mereka perlu diganti. Akan tetapi, seberapa perlu kamu harus mengganti gorden?

Dilansir dari Russells Curtains, Sabtu (10/4/2021), berikut ini beberapa hal yang mengharuskanmu untuk mengganti gorden milikmu di rumah.

1. Saat tampak lusuh

Ketika gorden yang kamu miliki tampak lusuh dan tak menarik lagi untuk dilihat, maka sudah saatnya bagimu untuk menggantinya.

2. Berganti dengan musim

Saat pergantian musim tiba, gantung tirai yang dibuat untuk suhu yang lebih sejuk. Tirai yang terbuat dari kain yang lebih tebal seperti beludru atau poliester berlapis sangat efektif untuk mencegah masuknya udara dingin serta cahaya dan suara.

Kemudian, saat kemarau, kamu dapat beralih ke opsi yang lebih ringan dan lebih lapang, voile sheers menjaga privasi sekaligus menciptakan suasana yang ringan.

3. Ketika tidak lagi cocok untuk tujuan tertentu

Baik itu menahan dingin atau membiarkan angin masuk, gorden lebih dari sekadar potongan kain besar yang terlihat bagus di depan jendela.

Tergantung pada kebutuhan keluargamu, pilihan gorden berperan besar dalam menciptakan ruang fungsional dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Ada sejumlah pertimbangan saat memilih gorden, karena tidak semua kain gorden dibuat sama.

Untuk memastikan gordenmu sangat cocok dengan ruang di rumahmu, pastikan kamu membuatnya secara khusus agar sesuai dengan gaya yang tepat untuk ruang yang tepat.

4. Ketika tidak cocok dengan nuansa ruangan yang diperbarui

Ketika ruangan di tempat kamu meletakkan gorden kamu ubah, itu bisa saja membuat gorden tidak lagi cocok atau sesuai dengan tampilan ruangan yang baru.


Jadi saat kamu memperbarui nuansa pada sebuah ruangan, entah itu warna, furnitur dan sebagainya maka kemungkinan besar kamu juga perlu menganti gordennya.

5. Jika gorden sudah ketinggalan zaman

Jika kamu telah tinggal dengan gorden yang sama selama beberapa tahun, kemungkinan besar gorden tersebut terlihat agak kuno.

Tetapi karena hampir setiap ruangan memiliki satu set, memasang tirai baru adalah cara sederhana dan mudah untuk memodernisasi ruang apa pun atau menata ulang ruang yang sudah ada.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/10/131900376/kapan-kamu-perlu-mengganti-gorden-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke