Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias yang Dapat Membuat Meja Kerja Lebih Segar

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah dapat meningkatkan produktivitas serta kreativitas saat bekerja. Maka dari itu, dianjurkan untuk meletakkan tanaman hias di meja kerja.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (30/3/2021), seorang ahli tanaman internal, Christopher Satch menyarankan berbagai tanaman yang dapat beradaptasi di ruangan ber-AC serta sinar matahari yang minim untuk diletakkan di meja kerja.

Apa saja jenis tanamannya? Simak di sini.

1. Neon Pothos

Tanaman hijau cerah ini benar-benar dapat memberikan nuansa ruang meja yang membosankan menjadi lebih segar. Satch merekomendasikan untuk menggunakannya jika kantor Anda penuh dengan warna putih, hitam, dan abu-abu yang lembut.

“Ini akan tumbuh menjadi tanaman merambat indah yang mengalir di tepi pot,” katanya.

Tanaman ini bisa diletakkan di permukaan meja, dan juga terlihat bagus di pot gantung. Neon pothos menyukai cahaya sedang renda dan penyiraman dalam seminggu sekali.

2. Lidah mertua

“Ini merupakan tanaman yang tidak mudah mati dan dapat bertahan selama berminggu-minggu tanpa air, sehingga merupakan pilihan terbaik untuk diletakkan di dalam ruang kerja," ujar Satch.

Selain itu, jangan khawatir jika Anda tidak memiliki jendela karena tanaman ini akan tetap tumbuh di sudut yang gelap, sebab mereka hanya memerlukan cahaya redup.

3. Peace Lily

Juga dikenal sebagai "Mauna Loa", tanaman ini dapat menambahkan sentuhan tropis ke ruang kerja Anda dengan daunnya yang besar dan subur, serta bunga mekar yang cantik berwarna putih.


Meskipun menyalakan AC tidak bagus untuk tanaman apa pun, tanaman ini dapat mentolerirnya, juga dalam cahaya redup.

Namun, harus berhati-hati dengan hewan peliharaan karena tanaman ini beracun bagi anjing dan kucing. Mereka menyukai cahaya sedang rendah sehingga tidak masalah diletakkan di dalam ruangan.

4. Aglonema

Daun Aglaonema beraneka ragam, yang berarti memiliki tekstur, pola, dan warna yang berbeda dan membuat tanaman meja yang menarik.

Yang perlu diketahui adalah tanaman ini perlu lebih banyak air yakni dengan penyiraman seminggu sekali.

5. Rubber Plant

Tanaman ini lebih bagus diletakkan di lantai dan berada di sudut ruangan.

“Berwarna-warni dan terkadang beraneka ragam, tanaman pohon karet adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan percikan warna pada kantornya,” sebut Satch.

Tanaman yang lebih muda menghasilkan daun yang lebih besar, tetapi ketika menua, ukuran daunnya menjadi agak mengecil.

Di wilayah tropis Asia Selatan dan Tenggara, akar udara tanaman dilatih untuk membuat jembatan yang hidup. Siram selama seminggu sekali dan mereka menyukai cahaya sedang rendah.


6. Lidah buaya atau aloe vera

Berbeda dengan tanaman lainnya, aloe vera menyukai cahaya tinggi dengan penyiraman air sebulan sekali. Tanaman ini cocok diletakkan di ruang kerja yang memiliki jendela sehingga dapat terpapar sinar matahari dengan baik.

7. Dracaena

Juga dikenal sebagai tanaman jagung, tanaman ini akan berbunga secara teratur jika kondisinya tepat, dan akan tumbuh dengan baik di sebagian besar kantor. Tanaman ini menyukai cahaya sedang dan penyiraman seminggu sekali.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/30/135907376/7-tanaman-hias-yang-dapat-membuat-meja-kerja-lebih-segar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke