Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tempat Terbaik untuk Menyembunyikan Barang Berharga di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Harta benda atau barang berharga yang dicuri oleh pencuri di rumahmu merupakan sebuah hal yang tidak akan pernah diinginkan oleh siapa pun.

Oleh karena itu, barang-barang seperti uang tunai, perhiasan, berlian, surat-surat penting, dan beberapa barang mewah lainnya perlu disimpan secara khusus oleh seseorang di rumahnya.

Sayangnya, tidak sedikit orang cenderung menjadikan lemari pakaian di kamar tidurnya sebagai tempat untuk menyimpan harta benda dan barang berharga.

Padahal, menyimpan harta benda di kamar tidur, entah itu di lemari, bawah kasur, dan sebagainya sudah pasti menjadi tempat utama yang akan dikunjungi pecuri.

Bagi kamu yang bingung untuk meletakkan harta benda maupun barang berharga di rumahmu, berikut ini 9 tempat terbaik untuk menyimpannya, dilansir dari beberapa sumber, Kamis (25/3/2021).

1. Di dalam kotak di garasi

Pakar keamanan rumah cenderung setuju bahwa dalam hal menyembunyikan barang bagus, kamu tidak bisa mendapatkan yang lebih baik daripada garasi, karena ruang ini kemungkinan besar tidak akan dijelajahi oleh pencuri.

Cobalah menyelipkan barang-barang berharga ke dalam kotak yang secara polos telah kamu tandai.

Semakin banyak kotak yang kamu miliki, semakin lama seorang pencuri harus mencarinya, sehingga semakin besar kemungkinan dia akan ketahuan dan ditangkap.

Garasi juga menawarkan sejumlah besar tempat yang terlihat jelas untuk menyembunyikan barang berhargamu.

Pertimbangkan untuk menempatkan barang-barang kecil di bagian bawah kotak perkakas (cukup gunakan sisipan kotak untuk memisahkannya dari peralatanmu).

2. Buku berlubang yang disimpan di rak buku

Kamu bisa menjadikan buku berlubang sebagai tempat untuk menyembunyikan beberapa barang berhargamu di rumahmu. Letakkan buku berlubang tersebut secara khusus di rak buku.


Namun, hati-hati, jika kamu hanya memiliki beberapa buku di rak buku, ini mungkin menjadi petunjuk bagi maling bahwa kamu sebenarnya menyembunyikan tempat untuk barang-barang berhargamu.

Jadi, pastikan perpustakaan buku milikmu itu cukup besar untuk dijadikan tempat pencarian yang membosankan.

3. Bungkus dengan alumunium foil dan simpan di belakang kulkas

Bungkus barang berhargamu dengan plastik dan aluminium foil dan disimpan di bagian belakang kulkas.

Ini juga merupakan tempat yang baik untuk menyimpan dokumen dan uang kertas jika terjadi kebakaran rumah.

4. Letakkan di dapur

Ada banyak lemari besi pengalihan yang terlihat seperti dapur umum atau barang-barang rumah tangga, membuatnya jauh lebih mungkin untuk dilewati saat terjadi tindak pencurian.

Uang tunai yang kamu letakkan di tempat garam, cincin berlian antik di produk kaleng, kemungkinannya benar-benar tidak terbatas.

Jika kamu lebih suka tidak menghabiskan uang untuk membeli makanan palsu, buatlah tempat persembunyian dari botol bumbu bekas. Bersihkan secara menyeluruh, lalu semprotkan cat bagian dalamnya sebelum memasukkan barang berhargamu.

5. Di dalam kamar anak

Pencuri biasanya menghabiskan 8-12 menit mereka di dalam rumah mencari perhiasan dan uang tunai di kamar tidur utama, atau ruang kerja untuk laptop dan elektronik lainnya, menurut pakar keamanan rumah, Robert Siciliano.

Pencuri jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memasuki kamar anak-anak. Jadi, menyembunyikan barang-barang berharga di kamar anak-anak yang berantakan secara statistik lebih aman daripada menyimpan barang yang sama di tempat lain.

6. Di balik beberapa karya seni yang ditempatkan dengan cerdik

Karya seni tidak hanya diandalkan sebagai hiasan sebuah ruangan, tapi juga menjadi tempat untuk menyembunyikan barang berharga maupun harta bendamu.

Kamu bisa meletakkan barang berhargamu di belakang pajangan dinding, vas, dan sebagainya. Atur secara cerdik agar pencuri tidak akan menduganya.

7. Di dalam stop kontak dinding palsu

Kamu bisa menyembunyikan barang berhargamu di stop kontak dinding palsu yang dibuat khusus. Pastikan itu bukan stop kontak listrik atau menghalangi kabel listrik apa pun.


8. Laci lemari yang sudah diatur

Kamu dapat membuat kompartemen rahasia di bagian bawah laci meja riasmu. Yang kamu butuhkan hanyalah sepotong kayu lapis tipis, pita pengukur, amplas, dan pemotong atau gergaji kotak.

Tujuannya adalah untuk menciptakan ruang untuk barang berhargamu di bawah "alas palsu" di laci. Mudah.

9. Kubur di suatu area

Jika rumahmu terdapat sebuah halaman belakang, maka kamu bisa mengubur barang berhargamu di sana apabila kamu memang ingin menyembunyikannya dalam kurun waktu yang lama.

Tapi, untuk hal ini, kamu perlu membungkus barang berhargamu dengan sempurna, setelah itu kamu bisa menguburnya di sebuah area yang telah kamu tentukan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/25/191000776/9-tempat-terbaik-untuk-menyembunyikan-barang-berharga-di-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke